16 Terapi Anak ADHD : Baca – Kognitive – Bicara – Perilaku

ADHD adalah sebuah gangguan jangka panjang yang dialami oleh jutaan anak diseluruh dunia. Atau yang disebut dengan Attention Deficit Hiperactivity Disorder biasanya akan berlangsung hingga dewasa. Anak-anak yang mengalami ADHD cenderung terjadi pada mereka yang hiperaktif, namun umumnya hal ini oleh mereka yang mengalami gangguan dalam proses belajar. Meskipun kondisi anak penderita ADHD memang membutuhkan perhatian khusus, namu orang tua bisa memberikan terapi. Tindakan terapi bisa dilakukan oleh ahli khusus dalam bidang ini dan kemudian diterapkan oleh orang tua di rumah. Terapi untuk anak ADHD dipercaya bisa membantu anak agar lebih baik dan bisa berinteraksi dengan orang lain dengan baik. Tapi apa saja terapi yang bisa diberikan? Berikut ini adalah informasi terapi anak ADHD di rumah yang bisa dilakukan oleh semua orang tua. (baca: cara mengatasi anak hiperaktif)

Informasi anak hiperaktif:

 Terapi Membaca (Literary Therapy)

Ini adalah sebuah terapi yang dilakukan agar konsentrasi mereka teralihkan pada hal yang positif yaitu membaca. Terapi ini dilakukan agar mereka mampu menangkap informasi secara visual. Terapi juga sangat baik untuk membantu anak agar menjadi lebih kreatif. Bagaimana praktek terapi ini? Simak ulasan dibawah ini.

  1. Membaca buku dongeng

Membaca dongeng bisa menjadi sebuah terapi untuk si anak, dengan memberikan anak buku dongeng anda bisa menarik perhatian atau minat anak. Dengan melakukan terapi baca buku dongeng, anda bisa meningkatkan kualitas baca si anak. (baca: cara mengajari anak membacacara melatih anak membaca)

Baca: susu untuk anak hiperaktif – makanan untuk anak hiperaktif – terapi perilaku untuk anak autis

  1. Membaca majalah

Membaca buku majalah bisa menarik minat baca anak semakin tinggi. Anda bisa memberikan anak majalah anak-anak, misalnya saja majalah yang memuat tentang informasi menarik untuk anak-anak. Memberikan anak buku majalah bisa meningkatkan daya ingat anak serta informasi yang anak miliki. (baca: cara mendidik anak agar cerdas – Cara mendidik anak usia dini – Cara melatih anak berbicara))

  1. Membaca cerpen

Berikanlah anak anda cerpen yang memuat cerita ringan. Anda bisa memberikan mereka cerpen tentang persahabatan. Dan dengan memberikan anak media baca, mereka akan lebih berwawasan dan hal tersebut juga menumbuhkan minat baca anak sejak dini. (baca: tanda anak hiperaktif sejak bayi – cara mendidik anak agar berani –  Cara Mengatasi Anak Manja dan Cengeng )

  1. Membaca informasi melalui internet

Terapi pada anak juga bisa anda lakukan dengan bantuan internet atau teknologi. Anda bisa memberikan mereka gadget yang sudah anda lengkapi dengan id yang aman, berikan anak sumber berita yang ringan agar mereka lebih teratarik membaca. (baca: bahaya gadget bagi balita – bahaya gadget bagi anak)

Terapi Kognitif

Ini adalah terapi yang dilakukan untuk melatih kebiasaan anak berpikir sebelum bertindak. Terpai didasarkan pada perilaku dan tindakan anak agar bisa sesuai dengan aturan. Anak yang hiperaktif biasanya sangat sulit untuk dikendalikan dan mereka bisa bertindak sangat kasar atau terkadang lembut. Tindakan mereka memang lebih sulit untuk ditebak. Karena itu  Anda bisa melakukan beberapa terapi sendiri di rumah, misalnya saja dengen beberapa terapi berikut ini.

  1. Terapi kerja diskusi

Ajaklah anak anda mendiskusikan apa yang mereka baca atau apa yang mereka lihat. Dengan mengajak anak berdiskusi, anda secara tidak langsung memberikan mereka stimulasi kepada mereka agar bisa memecahkan masalah. Misalnya saja ada orang yang melanggar peraturan lalu lintas, tanyakan pada mereka apakah hal tersebut benar. Dan jika mereka menjawab tidak, maka tanyalah bagaimana cara yang benar. (Baca: terapi anak terlambat bicara –  penyebab anak cepat marah – cara melatih anak berbicara – cara melatih bayi cepat bicara)

  1. Terapi teka-teki silang

Berikan anak permainan teka-teki silang, anda bisa mengajak anak anda untuk bermain teka-teki silang. Misalnya saja mengisi TTS yang ada pada majalah, tentu anak akan memikirkan apa jawabannya. Disini anak juga akan berimajinasi tentang apa jawaban yang benar. (baca: cara mendidik anak usia 5 tahun – Cara mendidik anak usia 2 tahun , Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun – Cara mendidik anak usia 1 tahun )

  1. Terapi clue

Tebak clue adalah permainan yang hampir mirip dengan TTS. Anda bisa memberikan mereka clue tentang hewan, misalnya saja “ aku adalah hewan yang tinggi dan besar, aku memiliki belalai yang panjang, dan telinga yang lebar.. siapakah aku ? “. Disini anda akan mengasah kemampuan berpikir anak dalam menyelesaikan suatu masalah, dan dengan begitu anak juga akan mulai berpikir untuk menebak clue yang anda berikan. (baca: perbedaan autis dan asperger –  cara mendidik anak agar berani –  Cara Mengatasi Anak Manja dan Cengeng – Terapi Anak Terlambat Bicara Untuk Semua Usia )

  1. Terapi soal

Berikan anak soal matematika, dan jangan terlalu berat dalam memberikan soal. Anda bisa memberikan soal cerita, dengan memberikan soal anak akan lebih berusaha untuk menyelesaikannya dan memecahkan masalah. (baca: terapi wicara untuk anak autis – terapi untuk anak autis)

  1. Terapi musik

Musik juga bisa masuk dalam golongan kognitif, anak akan berusaha menghafalkan nada yang harus ia mainkan. Dengan memberikan anak terapi musik, anda bisa mengajarkan anak untuk memecahkan masalah yang muncul dan menghafal sesuatu.

Informasi anak autis:

Terapi Bicara (Oral Therapy)

Ini adalah terapi yang bisa anda berikan untuk menstimulasi cara bicara anak, dan bisa Anda lakukan melalui kata-kata anda. Beberapa anak yang hiperaktif terkadang hanya banyak bertindak dan tidak banyak bicara. Hal ini yang membuat orang tua sulit untuk mengasuh anak hiperaktif. Bahkan ketika anak memiliki keinginan mereka hanya menunjuk dan jika tidak sesuai maka akan mengamuk. Dan untuk mengatasinya, ibu bisa mencoba terapi dibawah ini:

  1. Terapi mengaji

Belajar mengaji bisa anda jadikan terapi khusus anak, dengan mengajarkan mereka mengaji anda bisa sekaligus mengajarkan ilmu agama pada anak. Anda bisa memberikan mereka rekaman murrotal, atau bisa juga anda berikan kumpulan do’a dalam bentuk video. Disini anak akan distimulasi untuk berbicara, dan menghafal sesuatu yang penting bagi mereka. (baca: manfaat membaca quran bagi ibu hamil )

  1. Terapi bernyanyi

Terapi menyanyi bisa menjadi salah satu terapi yang bisa anda lakukan, untuk menstimulasi daya ingat dan mempercepat anak dalam berpikir. Anda bisa memberikan anak lagu tentang huruf, tentang warna, tentang hewan dan lain sebagainya. Selain itu hindari memberikan lagu orang dewasa kepada anak-anak. (baca: jenis jenis autis –  cara mengatasi anak tantrum )

  1. Terapi bercerita

Bercerita juga bisa menjadi sebuah stimulasi bagi anak AHDH, anda bisa memberikan mereka buku dongeng. Mintalah anak anda untuk menceritakan apa yang mereka baca, hal ini biasa disebut re-tell-story. Dengan cara tersebut anda bisa menstimulasi cara bicara anak agar lebih baik dari sebelumnya. (Baca juga: cara mengatasi anak agresif – penyebab anak cepat marah )

Terapi Perilaku (Behavioral Therapy)

Ini adalah terapi yang bisa anda berikan pada anak untuk mengubah perilaku anak yang negatif menjadi positif. Anda bisa melakukan terapi berikut ini kepada si anak.

  1. Terapi sugesti

Jika anda memiliki anak dengan AHDH maka sebaiknya lakukan terapi sugesti. Berikan anak sugesti positif agar anak mampu menyerap apa yang anda katakan, anda bisa mengatakan pada mereka apa yang baik bagi mereka dan apa yang tidak baik. Katakan pada anak jika mereka adalah anak yang mandiri dan mampu untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri.

Baca juga:

  1. Terapi dengan bermain di kidzone

Terapi behavioral adalah terapi yang bisa anda berikan untuk mengubah kebiasaan anak dan sifat dari anak. Anda bisa mengajak anak untuk bermain di kidzone, ajaklah mereka bermain dengan banyak teman. Biasakan mereka bersosialisasi dengan anak lainnya, dengan begitu anak akan lebih mudah bermain dan bersosialisasi dengan teman lainnya. (baca: mainan untuk bayi 4 bulan – mainan untuk bayi 6 bulan – cara membersihkan mainan gigitan bayi )

  1. Terapi di sekolah

Jangan ragu untuk menyekolahkan anak ADHD karena sekolah juga bisa menjadi sarana untuk membuat mereka lebih baik. Pilihlah sekolah yang berkualitas, karena sekolah juga akan mempengaruhi tingkah serta pola pikir anak anda di masa mendatang. (Baca juga: Cara mengatasi anak susah belajar – Cara mendidik anak agar nurut – Cara mendidik anak agar berani ,)

  1. Terapi kaset

Menjadikan pribadi anak lebih baik adalah kewajiban bagi orang tuanya, begitu juga anda yang memiliki anak dengan AHDH. Anda bisa memberikan mereka terapi melalui kaset DVD/CD, dengan begitu anda akan menghemat waktu dan anak tetap mendapatkan manfaat yang diiringi perubahan dalam pribadinya. Berikan mereka kaset yang mengajarkan nilai moral dan sikap yang baik dalam berperilaku. (baca: cara mengatasi anak nakal usia 6 tahun – macam macam kelainan pada anak – ciri ciri anak keterbelakangan mental )

Jika anda memiliki anak dengan AHDH, anda tidak perlu khawatir atau merasa tidak beruntung. Anak AHDH adalah anak yang spesial, mereka membutuhkan kasih sayang lebih dari anda. Walaupun anda harus memberikan perhatian ekstra, namun kasih sayang anda juga harus tetap sama tanpa harus membandingkannya dengan saudara atau teman-temannya yang lain. Jadi silahkan mencoba beberapa jenis terapi anak ADHD seperti diatas yang bisa dilakukan di rumah sendiri.

Masalah Anak AHDH

Masalah anak AHDH bisa muncul kapan saja tanpa anda sadari. Ada banyak masalah yang bisa dialami anak dengan AHDH, misalnya saja seperti beberapa masalah berikut ini.

  1. Tidak sabar
  2. Pemarah
  3. Mudah gelisah
  4. Mudah lupa
  5. Ceroboh
  6. Sulit konsentrasi
  7. Tidak menyelesaikan tugas
  8. Mudah beralih perhatian
  9. Tidak mau mengalah
  10. Memotong pembicaraan
  11. Tidak sadar bahaya
  12. Berbicara terus-menerus
  13. Tidak perhatian terhadap bahaya