Sponsors Link

4 Cara Merawat Bayi Kembar (Paling Pokok)          

Sponsors Link

Bayi kembar bisa menjadi anugerah yang paling indah dalam hidup Anda. Setelah Anda mengetahui tanda awal kehamilan kembar hinga siap menjalani proses melahirkan normal atau caesar. Bagian yang paling penting setelah proses ini adalah membuat diri Anda sendiri segera pulih dan bisa melakukan cara merawat bayi kembar dengan baik. Bayi kembar laki-laki dan perempuan atau jenis kelamin yang sama umumnya membutuhkan perawatan dasar yang sama. Ingat bahwa resiko ibu bisa terkena sindrom baby blues sangat tinggi untuk kelahiran bayi kembar.

ads

Berikut ini beberapa cara merawat bayi kembar yang bisa Anda lakukan sendiri atau bersama dengan pasangan dan keluarga.

  1. Cara menidurkan bayi kembar

Anda harus menyesuaikan waktu tidur bayi dengan pola tidur bayi sesuai dengan umurnya. Umumnya bayi kembar terkadang bisa saja memiliki jam tidur yang sama namun juga terkadang berbeda. Dan jika mereka masih baru lahir maka jam tidur mereka lebih banyak. Berikut ini tips cara menidurkan bayi kembar sebagai bagian cara merawat bayi kembar.

  • Biasakan untuk membuat bayi kembar tidur secara bersamaan. Ini sangat penting untuk membantu Anda tidak repot ketika harus menidurkan satu bayi dan bayi yang lain masih ingin belum tidur. Kemudian jika bayi satu bangun maka bayi yang lain juga bangun dan ini bisa membantu Anda mudah untuk merawat mereka. Biasakan untuk membuat posisi tidur bayi yang baik sehingga bayi sangat nyenyak.
  • Biasakan untuk mengatur waktu rutin yang sama. Biasakan untuk membacakan buku bayi secara bersamaan, mengajak cerita bersama dan bahkan dengan kegiatan lain seperti mandi dan bermain. Ini lebih mudah untuk mendukung waktu tidur bayi agar lebih nyaman. Sesuaikan waktu tidur apakah itu pola tidur bayi 0-12 bulan atau pola tidur bayi 1 bulan.
  • Anda bisa meletakkan bayi kembar dalam satu box tidur yang sama atau dua jenis box yang berdampingan. Cara ini lebih aman dibandingkan meletakkan bayi di tempat tidur orang dewasa. Menidurkan dalam box bayi sangat aman untuk menghindari bahaya akibat bayi terjatuh dari tempat tidur dan bahaya bayi jatuh telentang.
  • Biasakan untuk menidurkan bayi di ruangan yang sama. Jangan memisahkan ruangan bayi sebab jika mereka terbangun atau minta susu bersamaan maka Anda bisa sangat repot.
  • Biarkan bayi sesekali tidur tanpa harus digendong meskipun sering menyebabkan bayi menangis terus menerus. Anda bisa menggunakan untuk mengayun bayi. Ini sangat penting untuk bayi kembar karena membiasakan mereka untuk bisa tidur sendiri tanpa digendong orang dewasa. (baca: manfaat menggendong bayi)
  1. Cara memandikan bayi kembar

Nah kemudian semua orang tua bayi kembar yang baru pasti sangat panik dengan aktivitas cara memandikan bayi baru lahir. Memandikan bayi dengan cara yang benar akan sangat menguntungkan untuk bayi kembar. Anda mungkin bisa melakukan ini dengan cara yang santai sehingga tidak terlalu stres. Anggap bahwa bayi kembar Anda adalah anugerah yang tidak ternilai. Berikut ini tips cara memandikan bayi kembar.

  • Mandikan bayi satu per satu. Ketika pertama kali maka Anda harus membiasakan bayi untuk mandi satu per satu bukan secara bersamaan yang bisa menyebabkan bayi jatuh atau bayi tidak aman. Anda bisa menjauhkan satu bayi ketika satu bayi sedang mandi. Jika Anda kesulitan maka minta bantuan keluarga untuk memegang satu bayi saat memandikan satu bayi.
  • Jika bayi sudah bisa duduk sendiri dengan kepala tegak, maka Anda siap untuk memandikan bayi kembar secara bersamaan. Namun jangan pernah meninggalkan bayi kembar saat mandi meskipun mereka sudah bisa duduk sendiri.
  • Jika bayi sudah bisa bermain maka berikan mainan yang aman untuk menemani bayi kembar mandi. Ini cara yang sangat baik untuk mendukung interaksi bayi kembar dengan saudaranya sendiri.
  • Siapkan semua perlengkapan mandi seperti handuk, sabun, samphoo, pelembab kulit bayi dan minyak jika diperlukan. (baca: bahaya bedak bayi – bahaya bayi minum minyak telon)
  • Selalu membungkus badan bayi dengan handuk setelah keluar dari kamar mandi. Ini sangat baik untuk membantu bayi tetap hangat.
  • Mandikan bayi sesuai dengan tahap yang nyaman untuk bayi, seperti mulai memberikan sampho untuk bayi, lalu memberi sabun untuk bayi dan membilas badan bayi hingga bersih.

ads

  1. Cara menyusui bayi kembar

Jika bayi baru lahir maka sangat penting untuk memberikan ASI agar bayi juga menerima kolostrum (baca: manfaat kolostrum bagi bayi baru lahir). Ini penting untuk menjaga bayi mendapatkan nutrisi dari ASI yang dibutuhkan tubuh mereka. Terkadang seorang ibu merasa ragu karena berpikir cadangan ASI mungkin tidak cukup. Namun Anda bisa menyusui kembar dengan benar sehingga ASI tetap cukup. Jika perlu maka Anda bisa mencoba menambahkan susu formula untuk bayi. Berikut ini tips cara menyusui bayi kembar ketika melakukan cara merawat bayi kembar.

  • Pastikan Anda sudah mencoba melakukan cara menyusui bayi kembar yang benar. Ini sangat baik untuk membantu  bayi bisa menghisap ASI dengan baik. Anda bisa menyusui bayi kembar secara bersamaan atau sendiri sesuai dengan permintaan bayi. Terkadang bayi kembar tidak memiliki waktu menyusu bersamaan. (baca: tips menyusui bayi kembar – menyusui sambil tiduran)
  • Anda juga bisa mencoba cara memberikan ASI perah untuk menjaga agar asupan ASI tetap terpenuhi. Lakukan cara memerah ASI dengan baik, apakah itu secara elektrik atau pun cara memerah ASI dengan tangan. (baca: cara menyimpan ASI)
  • Siapkan makanan untuk memperbanyak ASI dan makanan yang sehat untuk ibu menyusu, terutama jika Anda mencoba untuk menyusui secara eksklusif.
  • Minta pasangan atau orang terdekat Anda untuk bisa mendampingi ketika menyusui bayi kembar. Ini sangat penting untuk menjaga agar tidak stres atau jenuh sehingga pasokan ASI tetap terjaga.
  • Gunakan ruangan khusus seperti ruang khusus untuk menyusui bayi. Ini sangat penting untuk menjaga agar Anda bisa menyusui dengan baik. Sesekali Anda juga bisa mendengarkan musik sambil menyusui. Lakukan beberapa hal yang bisa membuat Anda merasa lebih santai.
  • Ibu menyusui bayi kembar mungkin akan merasa sangat lelah dan berat, karena itu ibu harus mendapatkan istirahat yang cukup. Ketika bayi kembar tidur maka cobalah untuk ikut tidur sehingga lebih santai.
  • Biasakan untuk selalu mengosongkan payudara agar tidak terkena mastitis pada ibu menyusui. Meskipun Anda memiliki bayi kembar terkadang mereka tidak benar-benar mengambil ASI dari payudara. (baca: cara mengobati puting lecet saat menyusui)
  1. Cara menggantikan pakaian bayi kembar

Bayi kembar memang akan terlihat sangat menyenangkan dan melihat mereka menggunakan pakaian yang sama akan sangat menarik. Meskipun tidak ada aturan apakah harus menggunakan pakaian yang sama atau tidak. Anda bisa menyesuaikan dengan selera ini. Dan bagian yang paling penting adalah menjaga Anda bisa menggantikan pakaian bayi kembar dengan baik. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan.

  • Siapkan semua perlengkapan pakaian bayi di dekat Anda, baik itu setelah mandi atau ketika bayi BAB. Siapkan beberapa perlengkapan seperti popok, pampers, tisu, krim untuk melembabkan kulit dan berbagai keperluan lain. Dan hindari meletakkan berbagai keperluan ini di dekat bayi agar mereka tidak menjangkaunya.
  • Sementara Anda sedang memakaikan pakaian untuk satu bayi, maka bayi yang lain harus jauh dari Anda. Anda bisa meletakkannya di box bayi atau tempat yang sangat aman. Jika ada orang lain yang membantu maka ini lebih aman.
  • Segera singkirkan pakaian kotor yang terletak dekat dengan bayi untuk menjaga agar tidak ada kontaminasi dari pakaian kotor ke tubuh bayi.
  • Untuk pakaian bayi sebaiknya dipilih dari bahan katun sebagai cara mengatasi biang keringat pada bayi baru lahir. Cobalah untuk melakukan tips memilih baju bayi baru lahir. Termasuk jika bayi masih dibedong sebaiknya juga menggunakan cara membedong bayi agar tidak terkena bahaya bedong bayi.

Tips umum merawat bayi kembar

  1. Jika Anda sedang bepergian dengan mobil maka biasakan untuk menggunakan car seat. Anda harus mencoba ini sehingga Anda bisa mengajak bayi bepergian tanpa harus repot mengajak banyak pengasuh.
  2. Biasakan untuk menggunakan stroler untuk membawa bayi. Ini bisa membantu bayi Anda mandiri dan tidak tergantung dengan gendongan atau harus digendong orang dewasa.
  3. Mengasuh bayi kembar bisa menghabiskan banyak biaya terutama untuk membeli semua perlengkapan yang harus ganda. Untuk itu Anda bisa berhemat dengan meminjam keluarga atau menyewa.
  4. Jika Anda hendak bepergian maka biasakan untuk mencatat semua keperluan yang akan dibawa. Ini cara yang sangat baik untuk mencegah tidak ada barang bayi yang tertinggal.
  5. Biasakan untuk bekerjasama dengan pasangan, tugas suami sangat penting untuk menjaga agar mengasuh bayi kembar tidak melelahkan untuk ibu saja. Seorang ayah bisa menghibur bayi, membacakan buku atau cerita, memberikan ASI dalam botol dan pekerjaan lain termasuk mengganti popok.
    Sponsors Link

Berbagai hal yang akan Anda butuhkan ganda untuk bayi kembar

  1. Siapkan untuk merawat bayi dengan makanan ganda yang bergizi. Jumlah makanan yang disiapkan harus ganda karena semua anak kembar Anda membutuhkan makan. Termasuk jika Anda masih memberikan ASI. Dan percaya saja bahwa Anda bisa melewati semua ini.
  2. Siapkan pampers dan popok dalam jumlah yang besar. Hal ini sangat penting karena jumlah yang dibutuhkan bayi kembar memang jauh lebih banyak.
  3. 2 car seat untuk bayi kembar. Ya, jika Anda ingin menggunakan mobil untuk bepergian maka Anda membutuhkan 2 car seats. Pastikan jika Anda tidak membeli semuanya maka bisa menyewanya sendiri.
  4. Anda juga membutuhkan kursi tinggi atau kursi makan untuk dua anak. Jadi Anda juga membutuhkan 2 kursi untuk bayi Anda. Namun Anda juga bisa membeli 1 saja yang bisa digunakan secara bergantian.
  5. Pakaian untuk bayi kembar harus disendirikan meskipun mereka kembar. Jadi siapkan dua anggaran untuk bayi kembar. Anda bisa menggunakan baju kembar atau tidak. Anda bisa menggunakan sistem belanja diskon untuk menghemat anggaran.
  6. Pastikan Anda memiliki cadangan dot yang cukup untuk bayi kembar Anda. Jangan mencampur dot bayi dengan bayi lain karena itu bisa membuat penularan kuman yang lebih cepat. Dan bayi kembar Anda bisa jadi lebih mudah sakit. (baca: cara membersihkan botol susu bayi)

Ada banyak hal yang dibutuhkan untuk melakukan cara merawat bayi kembar. Semua hal terlihat sangat banyak dan jumlahnya harus ganda. Namun Anda bisa mempersiapkan beberapa hal sejak masuk trimester ketiga. Ingat bahwa bayi kembar sangat memiliki resiko prematur jadi Anda juga harus menjaganya dengan baik.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 21st, October 2016 / 07:51 Oleh :
Kategori : Parenting