Haid Setelah Kuret : Kapan – Waktu – Masalah – Cara Mengatasi

Keguguran memang bukanlah suatu hal yang menyenangkan bagi seorang wanita. Ada banyak wanita yang bahkan mengalami stress setelah keguguran. Selain itu ada beberapa hal yang sering ditanyakan wanita pasca ia mengalami kegugura. Misalnya saja “ Kapan saya akan mendapatkan haid setelah kuret  atau keguguran ? “. Jika anda juga menanyakan hal tersebut, maka silahkan menyimak penjelasannya berikut ini.

Kapan haid pertama setelah kuret? 

Jika seorang wanita mengalami keguguran dan melakukan tindakan kuret, maka ia akan mengalami pendarahan hebat atau bahkan biasa saja. Dalam urusan menstruasi, setiap wanita akan mengalami hal yang berbeda-beda, tentu ada banyak faktor yang mendasari perbedaan menstruasi tersebut. Faktor yang membedakan kapan menstruasi pertama setiap wanita pasca kuret adalah faktor psikis, faktor hormon, obat dan juga beberapa faktor lainnya. (baca: proses kuret janin tidak berkembang – efek samping kuret –  keguguran tanpa kuret)

Pada umumnya wanita yang kuret saat keguguran diusia kandungan 3 bulan, maka ia akan mendapatkan menstruasi pertamanya di minggu ke 4 hingga minggu ke 12. Jika anda mendapatkan menstruasi di minggu ke 4, maka hal tersebut termasuk normal. Dan jika anda keguguran diusia kandungan 4 bulan keatas, maka menstruasi akan didapatkan sedikit lebih lama atau bahkan lebih cepat. Semua perbedaan tersebut didasari adanya faktor internal ataupun faktor eksternal dari setiap wanita. (baca: menstruasi pertama setelah keguguran tanpa kuret )

Waktu haid setelah kuret

Wanita pasca keguguran dan melakukan prosedur kuret, akan mengalami menstruasi di minggu ke 4 hingga minggu ke 12. Jika anda belum juga mendapatkan menstruasi hingga minggu ke 12, maka sebaiknya periksakan pada dokter. Lalu berapa lama kah menstruasi yang akan didapat wanita pasca melakukan kuret ? Periode wanita menstruasi yang melakukan kuret sekitar 3-7 hari. Anda bisa mendapatkan menstruasi hanya 3 hari atau bahkan normal seperti saat sebelum hamil.

Anda tidak perlu takut apabila mendapatkan menstruasi hanya sekitar 3 hari. Karena sebelumnya anda keguguran dan mengalami pendarahan, sehingga darah yang keluar hanya sedikit saja. Namun apabila ada sesuatu hal yang menurut anda aneh, maka silahkan kontrol ke dokter kandungan.

Informasi penyebab keguguran:

Siklus Haid Setelah Kuretase

Siklus menstruasi wanita usai melakukan kuret pasti berbeda-beda. Ada sebagian wanita yang menstruasinya akan lancar, namun ssebagian lainnya mengalami menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur. Jika anda mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar, maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter kandungan anda.

Informasi menstruasi:


Masalah Haid Setelah Kuret

Ada berbagai masalah yang bisa datang pasca melakukan prosedur kuret. Masalah yang muncul memang tidak bisa anda duga, namun anda tidak perlu takut untuk mengonsultasikan masalah yang anda rasakan. Adapun beberapa masalah menstruasi yang terjadi setelah melakukan kuret adalah sebagai berikut :

  1. Menstruasi tidak lancar

Sering kali wanita mengakami masalah haid setelah melakukan kuret, salah satunya menstruasi yang tidak lancar. Jika anda mengalami masalah seperti ini, pertama anda tidak perlu panik. Anda harus lebih tenang dan membicarakan hal tersebut kepada dokter atau bidan terdekat. (baca: macam macam gangguan haid –  Penyebab haid tidak teratur – Penyebab nyeri haid berlebihan )

  1. Menstruasi hanya berjalan kurang dari 7 hari

Menstruasi hanya 3 hari bukanlah hal aneh bagi anda yang usai menjalani kuret. Masalah menstruasi tersebut wajar terjadi, karena pada waktu sebelumnya anda sudah mengalami pendarahan akibat keguguran yang terjadi. Biasanya menstruasi hanya akan terjadi sekitar 3-4 hari saja, namun di bulan selanjutnya menstruasi akan normal dengan sendirinya. (baca: akibat telat haid – penyebab wanita telat datang bulan )

  1. Menstruasi tidak terjadi setiap bulan

Masalah yang sering muncul pada wanita usai melakukan kuret adalah menstruasi yang tidak terjadi setiap bulan. Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, karena masalah yang anda alami memang sudah biasa terjadi pada wanita usai melakukan prosedur kuret. Namun akan lebih baik dan aman, jika anda konsultasikan kepada dokter.(baca: penyebab kandungan lemah  – makanan untuk kesuburan wanita –  penyebab kemandulan pada wanita )

  1. Menstruasi mirip seperti saat keguguran

Beberapa kasus yang terjadi pada wanita usai kuret, ialah mentruasi dengan jumlah cairan yang banyak dan bahkan mirip seperti mereka keguguran. Jika anda mengalami hal ini, maka sebaiknya banyaklah konsumsi air putih agar tidak kekurangan cairan. Masalah tersebut bisa dikatakan wajar, karena anda masih dalam fase recovery setelah keguguran. Konsultasikan kepada dokter atau bidan tempat anda kontrol, agar anda juga merasa tenang.

  1. Terjadi nyeri perut saat menstruasi pasca kuret

Nyeri perut saat menstruasi pertama setelah kuret adalah hal yang wajar terjadi. Jika anda merasa nyeri pada bagian perut bawah, sebaiknya minumlah air hangat sebanyak mungkin. Anda bisa meminum obat dari dokter seperti mefinal, atau obat yang mengandung ibuprofen. Rasa sakit yang berlebihan setelah kuret juga bisa disebabkan karena ada penyakit pada organ reproduksi. Penyakit ini harus diatasi agar tidak mengalami keguguran pada kehamilan berikutnya.

Jika anda mengalami beberapa masalah diatas, anda harus bisa menenangkan diri anda terlebih dahulu. Tidak semua wanita mengalami siklus dan masalah yang sama setalah ia melakukan prosedur kuret. Setiap wanita juga memiliki perbedaan waktu untuk masa recovery atau penyembuhan rahim pasca melakukan kuret. Jika anda ingin segera normal seperti awal, maka lakukan hubungan suami istri sebanyak 3 hingga 4 kali dalam satu minggu. Cara ini dilakukan agar siklus menstruasi lancar, dan masalah tidak normalnya menstruasi segera berlalu.

Cara Menangani Masalah Menstruasi Setelah Kuret

Menangani masalah pasca kuret bisa anda lakukan dengan bantuan dokter atau dengan cara yang alami. Anda bisa konsultasikan kepada dokter kandungan atau bidan terdekat. Menangangi menstruasi secara alami bisa anda lakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara menangani masalah menstruasi setalah melakukan kuret. Dengan melakukan olahraga diharapkan anda akan lebih bugar, dan menstruasi lebih lancar. Adapun olahraga yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Olahraga berenang, olahraga ini sangat baik dilakukan orang yang mengalami masalah menstruasi. Pertama karena olahraga ini mampu membuat seluruh badan bergerak, dan kedua karena olahraga ini juga dapat menurunkan resiko stress pada seseorang. (baca: bahaya berenang bagi ibu hamil – manfaat berenang bagi ibu hamil)
  • Jogging atau lari kecil merupakan salah satu jenis olahraga yang ringan dan mudah dilakukan. Olahraga ini mampu membantu proses mentruasi lebih lancar. (baca:  manfaat jalan pagi untuk ibu hamil –  sit up bagi ibu hamil)
  • Yoga, olahraga ini membutuhkan ketenangan sehingga membuat pelakunya merasa tenang. Dengan melakukan yoga anda akan merasa lebih rileks, dan tentu siklus menstruasi akan lebih baik. (baca: olahraga untuk ibu hamil)
  1. Konsumsi manakan bergizi

Konsumsilah makanan yang bergizi agar tubuh anda bisa kembali sehat pasca melakukan kuret. Jika anda mengalami masalah menstruasi, anda bisa mengatasinya dengan makanan bergizi. Makanan yang bergizi tentu baik untuk membentuk metabolisme dalam tubuh, sehingga menstruasi pada wanita juga akan lebih teratur dan normla. Makanan bergizi yang dapat anda konsumsi setiap hari untuk mengatasi masalah menstruasi adalah sebagai berikut.

  • Sayuran hijau seperti bayam, sawi, borkoli mampu membantu anda dalam melancarkan menstruasi. Anda bisa merebus, mengukukus atau mengolah sayuran tersebut sesuai selera anda.
  • Kacang-kacangan adalah salah satu sumber gizi yang baik untuk melancarkan masalah mentruasi wanita. Dengan mengonsumsi kacang-kacangan, anda bisa mendapatkan siklus menstruasi yang normal.
  • Buah juga merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik dikonsumsi wanita. Dengan mengonsumsi buah-buahan segar, kamu akan merasa lebih bugar dan masalah menstruasi juga akan semakin berkurang.

Baca: makanan pasca keguguran – makanan yang dilarang setelah keguguran – cara mengecilkan perut setelah keguguran


  1. Air putih

Jika anda mengalami masalah menstruasi, maka anda bisa menyekesaikannya dengan banyak mengonsumsi air putih. Air putih merupakan cairan yang harus anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Jika anda mengonsumsi air putih dengan benar, maka otomatis masalah menstruasi yang anda alami akan semakin berkurang. Minumlah minimal 8 gelas per/hari, agar tubuh mu bisa sehat dan menstruasi kembali normal. (Baca: tips agar masa nifas cepat selesai – komplikasi masa nifas – perawatan masa nifas – tanda bahaya masa nifas)

  1. Mandi air hangat

Menangani masalah menstruasi secara aman dan alami bisa anda lakukan dengan mandi menggunakan air hangat. Mandi dengan menggunakan air hangat akan membuat anda merasa rileks dan tentu membuat menstruasi anda lebih normal. Air hangat bisa menenangkan pikiran anda sejenak, selain itu gunakan juga sabun dengan aroma lavender agar anda merasa tenang. (Baca:   bahaya obesitas bagi ibu hamil – bahaya diabetes saat hamil – gejala preeklampsia pada ibu hamil))

  1. Tidur teratur

Salah satu masalah menstruasi bisa datang karena pola tidur yang tidak baik. Tidurlah sesuai dengan aturan yang ada, minimal tidur 6 jam dalam sehari. Jika anda memiliki waktu lebih anda juga bisa tidur siang selama 1 hingga 1 ½ jam. Dengan istirahat cukup, anda akan lebih sehat dan menstruasi juga tidak akan terganggu.

  1. Pola makan teratur

Pola makan yang tidak teratur menyebabkan wanita mengalami masalah menstruasi yang parah. Jika anda termasuk salah satu orang yang memiliki pola makan tidak teratur, maka anda harus bisa disiplin dalam soal makan. Makanlah sesuai dengan jam yang sudah ada, misalnya sarapan sebelum jam 9 pagi. Aturan tersebut ada karena ada dampak positif dan negatifnya, dampak negatifnya bisa membahayakan kesehatan mu termasuk dalam urusan menstruasi. (baca: penyebab kandungan lemah  – makanan untuk kesuburan wanita –  penyebab kemandulan pada wanita )

  1. Jamu kunyit

Jamu kunyit merupakan salah satu jamu favorit banyak wanita, dan bahkan anak-anak juga sangat menyukainya. Anda bisa mengonsumsi jamu kunyit ketika merasa ada masalah dengan menstruasi. Jamu ini mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, selain itu jamu ini juga baik untuk pencernaan anda. (baca: manfaat kunyit asam untuk ibu hamil – manfaat kunyit bagi ibu hamil )

  1. Pakaian yang nyaman

Gunakanlah pakaian yang nyaman digunakan setiap hari. Janganlah anda memaksakan diri untuk menggunakan pakaian yang membuat anda merasa tidak nyaman. Hal tersebut hanya akan membuat anda merasa tidak percaya diri, tidak nyaman dan terlihat aneh. Pakaian yang nyaman adalah pakaian yang tidak terlalu tipis ataupun tebal, selain itu jangan menggunakan pakaian yang ketat agar peredaran darah juga lancar. (baca: Bahaya minum es saat haid – Pantangan saat haid – Penyebab haid tidak teratur – Penyebab nyeri haid berlebihan)

Menstruasi ialah siklus bulanan yang terjadi pada setiap wanita ketika ia sudah memasuki masa pubertas. Menstruasi sendiri bisa menjadi suatu kekhawatiran bagi wanita, hal tersebut terjadi karena adanya rasa sakit saat memasuki waktu tersebut. Selain itu masalah menstruasi juga kerap muncul pada wanita yang mengalami keguguran dan usai melakukan kuret. Jika anda mengalami hal serupa, maka anda juga bisa mengatasinya dengan beberapa car di atas.

, , ,
Post Date: Saturday 16th, September 2017 / 08:41 Oleh :
Kategori : Haid
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular