9 Jus untuk Ibu Hamil Paling Bermanfaat

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah untuk ibu hamil. Berbagai jenis sayuran dan buah segar menyumbang nutrisi yang dibutuhkan seperti mineral dan vitamin. Dua nutrisi ini memiliki manfaat penting untuk pertumbuhan janin. Salah satu cara agar ibu hamil tetap bersemangat mengkonsumsi buah atau sayuran adalah dengan mengolahnya menjadi jus. Jus juga bisa membantu mengurangi mual dan muntah selama hamil atau morning sickness. Bahkan jus juga bisa mengurangi resiko dehidrasi yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan ibu dan janin. (baca: bahaya dehidrasi bagi ibu hamil – akibat kekurangan minum air putih bagi ibu hamil)

Berikut ini beberapa jenis jus yang sangat sehat untuk ibu hamil:

  1. Jus Wortel

Jus wortel memiliki rasa yang sangat manis dan menyegarkan. Anda bisa membuatnya dari wortel organik untuk mengurangi resiko terkena kontaminasi dari bahan pestisida. Wortel lokal juga sangat sehat karena lebih segar dan belum melewati masa penyimpanan yang lama. (baca: manfaat wortel untuk ibu hamil)

Manfaat jus wortel untuk ibu hamil seperti berikut ini:

  • Membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah gangguan penglihatan pada bayi.
  • Membantu membersihkan racun dari liver ibu hamil.
  • Mengandung vitamin A dan vitamin E yang menjaga mata dan kulit yang lebih sehat dan lentur selama kehamilan.
  • Membantu menjaga kesehatan kuku dan mencegah rapuh kuku saat hamil.
  • Membantu mencegah ibu hamil dari masalah rambut rontok.
  • Membantu mencegah masalah kelenjar tiroid akibat dari perubahan hormon selama hamil. (baca: penyakit gondok pada ibu hamil)
  1. Jus Apel

Jus apel bisa menjadi alternatif ketika ibu hamil bosan untuk makan apel. Apel memiliki rasa manis, sedikit asam dan sangat segar. Apel juga bisa membantu mengatasi mual pada ibu hamil. Berikut manfaat apel untuk ibu hamil jika diolah menjadi jus:

Baca: manfaat buah apel hijau bagi ibu hamil

  1. Jus Bit

Memang tidak banyak ibu hamil yang mengkonsumsi buah bit. Buat merah dengan warna menarik ini memiliki aroma kuat dan terasa getar di mulut. Karena itu sangat disarankan untuk membuat jus bit dengan campuran buah lain seperti jambu merah dan wortel. Berikut ini manfaat jus bit yang perlu Anda ketahui:

  • Jus bit bisa meningkatkan energi selama kehamilan sehingga tubuh ibu hamil lebih segar.
  • Jus bit akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh ibu hamil tetap sehat.
  • Mengandung zat besi tinggi yang bisa membantu mencegah anemia.
  • Mengandung serat tinggi yang bisa mencegah sembelit dan membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat. (baca: Susah BAB saat hamil)
  • Buah bit sangat baik untuk membantu membersihkan tubuh dari racun dan membuat darah lebih sehat.
  1. Jus Jeruk

Jus jeruk memang sering menjadi pilihan ibu hamil. Rasa jeruk yang segar dan manis bisa mengurangi rasa mual dan perut tidak nyaman selama hamil. Namun selain menyegarkan, maka jus jeruk memberi beberapa manfaat jeruk untuk ibu hamil, seperti:

  1. Jus Stroberi

Stroberi bisa menjadi alternatif pilihan jus buah bagi ibu hamil. Buah dengan warna merah dan bentuk yang menarik ini bisa meningkatkan suasana hati untuk ibu hamil. Ibu hamil sering mengalami gangguan emosi tidak stabil saat hamil dan mental karena pengaruh hormon (baca: bahaya sering emosi saat hamil). Selain itu ada beberapa manfaat strawberry bagi ibu hamil yang diolah menjadi jus, seperti:

  1. Jus Anggur

Jika ibu hamil dilarang untuk makan buah anggur, maka hal itu sangat salah. Anggur bisa menjadi buah sehat yang dijus atau dikonsumsi segar. Buah anggur dengan rasa manis dan asam sangat penting untuk mempertahankan kesehatan ibu hamil dan janin. Juga mengandung berbagai manfaat anggur bagi ibu hamil seperti:

  1. Jus Persik

Jus persik sangat penting untuk ibu hamil, meskipun buah ini sulit didapatkan secara langsung di Indonesia. Anda bisa mencoba untuk mencari persik di supermarket. Persik segar dan bukan persik kering yang sudah diolah dalam kaleng. Ada beberapa manfaat ajaib dari jus persik, seperti:

  1. Jus Mentimun

Meskipun banyak ibu hamil yang tidak suka makan mentimun karena dianggap makanan penyebab keputihan, namun ternyata mentimun bagi ibu hamil sangat penting untuk kesehatan tubuh. Mentimun mengandung banyak cairan dan beberapa nutrisi lain seperti vitamin A, folat, vitamin C, folat, mangan, kalium, fosfor dan jenis mineral lain. Berikut ini manfaat konsumsi jus mentimun secara rutin untuk ibu hamil:

  1. Jus Lemon

Jus lemon bisa membantu tubuh ibu hamil sehat dan tetap segar. Ini sangat penting untuk mempersiapkan tubuh ibu hamil melahirkan nomal (baca: cara agar persalinan normal tidak sakit). Kesehatan dan tubuh yang bugar juga membantu janin berkembang dan tumbuh dengan sehat dalam rahim ibu. Manfaat minum jus lemon untuk ibu hamil adalah seperti:

  • Mengandung vitamin C tinggi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mengatasi masalah sembelit selama kehamilan.
  • Mencegah ibu hamil dari resiko dehidrasi.
  • Kandungan antioksidan alam lemon bisa membantu membersihkan tubuh ibu hamil dari racun yang masuk lewat makanan dan minuman atau udara.
  • Kandungan kalsium dan kalium dalam jus lemon bisa membantu pertumbuhan tulang pada bayi.

Tips Membuat Jus Sehat untuk Ibu Hamil

  1. Selalu memilih jenis buah yang segar dan organik untuk membuat jus khusus untuk ibu hamil. Jus dari buah organik berarti membantu tubuh membersihkan racun secara alami. (baca:  buah yang baik untuk ibu hamil)
  2. Untuk mengatasi kelebihan kalori dari jus maka selalu buat jus sehat tanpa gula atau susu. Cara ini bisa membantu tubuh ibu hamil agar tidak kelebihan kalori dan gula.
  3. Jus yang sehat untuk ibu hamil adalah jus yang dibuat sendiri tanpa menggunakan bahan pengawet dan terbuat langsung dari buah segar. (baca: bahaya pemanis buatan bagi janin dan ibu hamil)
  4. Hindari mengkonsumsi jus berlebihan hanya untuk membuat perut kenyang. Terlalu banyak jus bisa menyebabkan tubuh ibu hamil kekurangan nutrisi yang lengkap selama kehamilan.
  5. Anda bisa mencoba untuk mencampur beberapa buah dan sayuran menjadi jus yang lengkap seperti campuran wortel, brokoli, mangga dan stroberi.
  6. Jangan pernah mencampur berbagai jenis bahan herbal untuk jus Anda. Beberapa bahan herbal bisa menyebabkan mual dan muntah menjadi lebih parah. Herbal yang dilarang untuk campuran jus termasuk licorice dan jahe. (baca: manfaat jahe untuk ibu hamil – amankah ginseng untuk ibu hamil)
  7. Jika Anda ingin mengkonsumsi jus dari toko maka usahakan untuk membeli jus yang sudah dipasteurisasi. Cara ini bisa membantu tubuh Anda tidak terkena kontaminasi virus dan bakteri dari jus selama proses pengolahan.

Jadi jus adalah alternatif minuman yang sangat sehat untuk ibu hamil. Jus bisa mengurangi resiko masalah kesehatan termasuk akibat nutrisi yang tidak seimbang pada ibu hamil. Namun ibu hamil harus pintar untuk memilih jenis buah dan sayuran yang akan dibuat jus. Selain itu hindari minum jus berlebihan yang bisa menyebabkan tubuh ibu hamil kurang sehat.