16 Cara Cepat Hamil Setelah KB Pil, Suntik dan Implan

Menggunakan alat KB dilakukan dengan tujuan untuk menunda kehamilan atau mencegah kehamilan. Namun keputusan untuk hamil lagi tetap bisa diusahakan. Caranya adalah dengan melepaskan  alat KB yang digunakan termasuk seperti IUD, pil kab, dan jenis alat KB yang lain. Biasanya banyak wanita yang merasa takut ketika akan hamil lagi karena ada rasa trauma alat KB telah merusak sistem kesuburan. Pada dasarnya ibu yang sudah menggunakan alat KB dan melepasnya tetap bisa hamil lagi. Berikut ini adalah cara cepat hamil setelah KB yang perlu diketahui. (baca: jenis kb iud –  hamil saat masih pakai alat kb  – efek samping pil KB – bahaya KB suntik)

  1. Konsultasikan dengan dokter yang merawat

Cara pertama Anda harus tahu tentang status kesehatan reproduksi dari dokter yang merawat. Anda bisa mengatakan jika sudah melepas alat KB dan jenis KB yang sudah digunakan. Biasanya waktu cepat hamil sangat tergantung dari beberapa hal termasuk usia ibu ketika mencoba hamil, berapa lama alat kb digunakan, jenis alat kb yang digunakan dan bagaimana kondisi reproduksi. Dokter bisa melakukan pemeriksaan kemudian mengetahui bahwa ibu sehat dan bisa hamil lagi. (baca: pengertian obstetri dan ginekologi)

  1. Menandai masa ovulasi

Kemudian ibu juga harus berusaha untuk berhubungan intim ketika masuk ke masa subur. Memang tidak ada masa subur untuk laki-laki, tapi ibu bisa memilikinya. Hanya ada satu sel telur yang akan dibuahi oleh sel sperma, dan itu termasuk sel telur yang paling matang. Saat mas subur maka ibu bisa melihat beberapa tanda seperti payudara yang sangat lembut, adanya cairan putih dari vagina, suhu tubuh lebih hangat dan keinginan untuk berhubungan intim lebih tinggi. Ibu juga bisa menandai masa subur dari perhitungan siklus menstruasi. (baca: penyebab hamil tidak terdeteksi test pack – cara cepat hamil di usia 45 tahun )

  1. Berhubungan intim dengan santai

Ketika ibu sudah melepas alat KB dan ingin hamil maka keinginan itu juga harus dilakukan berdua. Ibu bisa berbicara dengan suami sehingga sepakat untuk mencoba hamil lagi. Dengan pembicaraan itu maka ibu dan suami bisa berhubungan intim dengan santai dan tidak mengalami tekanan yang berat. Tinggalkan semua pemikiran yang berat seperti khawatir tidak bisa hamil lagi sehingga ibu justru memiliki banyak pikiran. Hubungan harus santai dan jika perlu ibu serta pasangan juga lebih banyak berjalan-jalan agar tidak stres. (Baca: cara hamil anak kembar laki-laki dan perempuan – cara hamil anak kembar)

  1. Gunakan pakaian yang santai

Selama ibu mencoba untuk hamil maka ibu harus memperhatikan semua bagian tubuh ibu. Hindari menggunakan sepatu hak tinggi atau pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang terlalu ketat termasuk untuk celana bisa menyebabkan tekanan pada rahim. Masalah ini bisa membuat kondisi sistem reproduksi ibu mengalami gangguan. Ketika ibu menggunakan pakaian yang santai dan menghindari hak tinggi maka semua bagian reproduksi bisa mendapatkan aliran darah yang sempurna. Kemudian otot dan pembuluh darah pada bagian reproduksi menjadi lebih sehat. (baca: Cara menjaga kehamilan mudaKomplikasi kehamilan

  1. Cobalah latihan secara rutin

Salah satu efek hormon dari beberapa alat KB adalah menyebabkan kenaikan berat badan. Segera setelah melepas KB maka ibu perlu mengembalikan kondisi tubuh agar lebih normal. Lagipula berlebihan berat badan bisa menghambat kehamilan dan meningkatkan resiko gestational diabetes selama hamil nanti. Cara menurunkan berat badan yang terbaik adalah dengan melakukan latihan secara rutin. Jenis latihan ringan seperti jalan kaki rutin, lari, berenang, senam dan latihan lain sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Latihan juga bisa membuat ibu bisa memproduksi banyak sel telur yang lebih sehat sehingga peluang kehamilan menjadi lebih tinggi.

Baca: kaki bengkak saat hamil – bahaya duduk terlalu lama bagi ibu hamil – bahaya jongkok bagi ibu hamil –  ibu hamil muda berdiri lama

  1. Hindari semua makanan cepat saji

Kemudian ibu juga harus mengendalikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Hindari semua jenis makanan cepat saji. Makanan cepat saji mengandung banyak bahan yang berbahaya seperti MSG, garam, minyak, lemak dan soda. Semua bahan ini sangat buruk untuk sistem reproduksi dan bisa meningkatkan berat badan. Kemudian makanan cepat saji juga membuat tubuh menerima nutrisi tertentu saja seperti lemak. Dampaknya maka tubuh kekurangan serat, protein, mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh. (Baca: bahaya fast food bagi ibu hamil dan janin – bahaya junk food bagi ibu hamil paling mengerikan))

  1. Mengurangi kebiasaan minum teh dan kopi

Lalu ibu juga harus bisa mengurangi beberapa kebiasaan buruk seperti minum kopi dan teh secara berlebihan. Semua minuman seperti kopi, teh atau minuman bersoda mengandung kafein. Kafein sangat buruk untuk rahim karena bisa membuat produksi sel telur menurun dengan cepat, sel telur rusak sebelum matang, sel telur menipis dan kualitas sel telur yang sangat buruk. Karena itulah kehamilan mungkin tidak datang dengan cepat karena terkena efek kafein dalam tubuh.  (baca: bahaya kafein bagi ibu hamil –bahaya kopi bagi ibu hamil – bahaya soda bagi ibu hamil)

Informasi bayi prematur:

  1. Menghindari stres dan banyak santai

Saat ibu dan pasangan mencoba untuk hamil lagi maka jangan sampai terkena stres yang berlebihan. Ada banyak pemicu stres termasuk pekerjaan yang berat, tuntutan hidup, tinggal di perkotaan, tekanan dari keluarga dan termasuk menanti kehamilan. Karena itu ibu harus mencoba untuk bersantai dan mendapatkan dukungan penuh dari keluarga. jika perlu maka ibu dan pasangan bisa mencoba untuk keluar kota dan mengunjungi tempat yang sejuk. Dengan cara seperti itu maka perasaan ibu menjadi lebih segar dan tidak stres lagi.

Baca juga:

  1. Jalani hidup yang sehat

Ketika ibu dan pasangan ingin mendapatkan kehamilan lagi maka harus menjalani kehidupan yang sehat. Mulailah untuk menjauhi asap rokok, merokok, mengkonsumsi alkohol atau bahkan narkoba. Semua bahan itu sangat buruk untuk ibu dan pasangan karena bisa mengurangi peluang kehamilan. Jika ibu bisa hamil kemungkinan ada resiko janin cacat, janin mengalami keguguran atau bahkan janin tidak berkembang.

Baca juga:


  1. Mulai makan kacang-kacangan

Kemudian nutrisi untuk tubuh ibu juga harus dipenuhi untuk mendukung program kehamilan. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kacang-kacangan. Kacang mengandung nutrisi seperti vitamin B yang lengkap, serat, protein, zat besi, seng, mangan, kalium, magnesium dan jenis lemak yang sehat. Karena itu semua nutrisi ini bisa meningkatkan peluang kehamilan. Ada banyak jenis kacang yang bisa dikonsumsi termasuk seperti almond, kacang hijau, edamame dan jenis kacang yang lain.)Baca : manfaat almond bagi ibu hamil – manfaat susu kedelai bagi ibu hamil

  1. Mulai mengkonsumsi sumber asam folat

Selama ibu menjalani KB kemungkinan sumber asam folat untuk tubuh juga berkurang. Untuk mempersiapkan kehamilan selanjutnya maka tubuh ibu perlu mendapatkan asam folat. Asam folat juga bisa mencegah adanya cacat kelahiran termasuk cacat tabung syaraf jika ibu hamil nanti. Asam folat sangat baik untuk meningkatkan peluang kehamilan karena bisa membuat kualitas sel telur menjadi lebih sehat. (Baca: makanan yang mengandung asid folik – manfaat asam folat bagi ibu hamil)

  1. Pilih minyak zaitun daripada minyak sawit

Jika ibu ingin menggunakan minyak maka disarankan untuk menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun bisa digunakan untuk campuran masakan seperti untuk menumis, memberi bumbu dan untuk makanan lain. Tapi minyak zaitun tidak boleh dimasak dalam waktu lama karena kandungan nutrisinya bisa rusak. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang bisa membantu meningkatkan produksi sel telur. Minyak zaitun juga akan membantu menstruasi menjadi lebih teratur sehingga ibu bisa mendapatkan data masa subur yang lebih akurat.

  1. Minum susu rendah lemak

Nutrisi seperti lemak sehat, vitamin dan mineral juga bisa didapatkan dari susu. Tapi karena ibu ingin mencoba untuk hamil lagi maka jenis susu yang dikonsumsi harus susu rendah lemak. Susu rendah lemak akan lebih sehat karena tidak mengandung lemak berlebihan. Kemudian ini bisa membantu mencukupi nutrisi untuk ibu dalam mempersiapkan kehamilan. Tapi ibu juga harus waspada jika ibu ingin menurunkan berat badan.


  1. Mencoba makan kurma muda

Jenis kurma yang sangat baik untuk program kehamilan adalah kurma muda. Kurma muda dipercaya mengandung seng, kalium, zat besi, magnesium dan jenis mineral lain yang sangat baik untuk mendukung proses kehamilan. Kurma muda tidak hanya meningkatkan jumlah sel telur tapi juga bisa membuat beberapa sel telur matang dengan sempurna. Sehingga peluang kehamilan ibu bisa menjadi lebih besar dan janin yang tumbuh juga sehat. (baca:  manfaat kurma untuk ibu hamil)

  1. Jangan berlebihan makan sumber karbohidrat

Salah satu nutrisi yang harus dibatasi ketika mencoba untuk hamil lagi adalah karbohidrat. Sumber karbohidrat bisa menyebabkan gula darah meningkat dengan cepat. Meskipun ibu tidak menderita penyakit diabetes tapi karbohidrat bisa merusak sistem hormon dalam dalam tubuh dan resiko kenaikan berat badan. Ketika hormon menjadi tidak seimbang maka Anda juga akan sulit mendapatkan kehamilan.

Baca juga:

  1. Perbanyak makan pisang

Salah satu sumber nutrisi yang sangat baik untuk mendukung program kehamilan adalah pisang. Pisang mengandung kalium yang sangat tinggi sehingga bisa membuat tubuh ibu menjadi lebih sehat. Pada dasarnya kalium bisa membuat sistem peredaran darah menjadi lebih lancar, akibatnya maka tubuh ibu juga lebih sehat. Kalium juga bisa membuat peluang sel telur bertemu dengan sel sperma lebih tinggi karena sehat dan matang dengan sempurna. (baca: manfaat konsumsi pisang ambon untuk ibu hamil)

Jadi itulah semua cara cepat hamil setelah KB. Semua cara tersebut memang sangat alami dan bisa bekerja dengan waktu yang berbeda untuk semua ibu. Jika Anda sudah mencoba untuk mendapatkan kehamilan alami dan tidak terjadi juga, maka segera bertemu dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan program kehamilan yang sesuai.

, ,
Post Date: Wednesday 19th, July 2017 / 07:09 Oleh :
Kategori : Cara Cepat Hamil
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12