Bayi Tidur Gelisah Siang dan Malam : Penyebab dan Cara Mengatasi

Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang penting bagi bayi Anda, dengan tidur otak bayi Anda akan berkembang dengan baik. Selain itu bayi akan bertumbuh dan berkembang dengan baik dan juga sehat. Jam tidur yang baik bagi bayi adalah 14 hingga 18 jam perharinya, namun nyatanya banyak bayi yang tidak bisa memenuhi jam tidur itu secara optimal. Banyak sekali gangguan yang mengganggu bayi dan membuat bayi susah tidur. Entah itu tidur siang ataupun tidur malam. Oleh karena itu ada baiknya Anda mengamati jam tidur bayi Anda sehari-hari, dan baik bagi Anda untuk mencari solusi supaya bayi Anda mendapatkan waktu tidur yang optimal. Beberapa penyebab datang dan menyebabkan bayi tidur gelisah, tenang saja bunda karena kami punya solusinya untuk Anda. Berikut adalah infromasi mengenai bayi tidur gelisah untuk Anda. (baca: Pola tidur bayi  – cara menidurkan bayi dengan cepat –  cara menidurkan bayi – pola tidur bayi 1 bulan – Pola tidur bayi 0 – 12 bulan)

Penyebab bayi tidur gelisah

Berbagai penyebab datang dan menganggu bayi ketika mereka hendak terlelap entah itu tidur siang ataupun tidur malam. Dan gangguan-gangguan itu bisa membuat sang bayi menjadi tidak nyaman dan gelisah ketika mereka tidur. Untuk itu perlu bagi ibu untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab bayi gelisah atau rewel ketika tidur pada siang dan malam hari. Berikut adalah penyebab-penyebabnya :

  1. Bayi Anda lapar

Penyebab yang pertama yang bisa membuat mereka tidur gelisah ketika siang atau malam hari adalah mereka sedang kelaparan. Bayi sama halnya seperti kita, tentunya jika Anda merasa lapar Anda akan merasa gelisah dan tidak bisa tenang tidur bukan? Begitu juga dengan bayi Anda, jika dia lapar dia akan gelisah. Entah itu tidur pada siang atau malam hari, oleh karena itu sebelum dia tidur pastikan Anda sudah memberikan asupan nutrisi untuknya. (baca:  bayi menangis terus menerus –  cara menaikkan berat badan bayi – perkembangan organ tubuh bayi setelah lahir )

  1. Sedang tidak enak badan

Penyebab bayi gelisah ketika tidur siang atau malam hari adalah karena mereka mungkin merasa tidak enak badan. Bayi belum bisa bicara sehingga mereka tidak bisa menyampaikan maksudnya pada kita dengan baik. Jika mereka merasa tidak enak badan, seperti demam atau flu dan pilek mereka akan gelisah dan rewel ketika menjelang jam tidur mereka. Maka dari itu jika Anda melihat bayi gelisah ketika tidur, ada baiknya memeriksan kondisi tubuhnya. (baca: penyebab bayi rewel – penyebab bayi menangis terus )

Informasi penyakit mata pada bayi:

  1. Kedinginan

Ketika malam hari tentu saja udara menjadi dingin, dan ini bisa menjadi salah satu penyebab kenapa bayi tidur dengan gelisah. Ini karena mereka kedinginan, sehingga mereka cenderung menggerak-gerakkan badan mereka. Jangan sampai membiarkan mereka kedinginan ya bunda, cek terlebih dahulu kondisi bayi sebelum Anda tertidur juga. (baca: hipotermia pada bayi baru lahirpenanganan hipotermia pada bayi )

  1. Gelisah karena kolik

Kolik sendiri adalah kondisi dimana bayi Anda menangis tanpa sebab dan mungkin akan lama berhentinya. Ini jelas akan menganggu tidurnya karena ia merasa gelisah, ia menjadi tidak bisa memiliki jam tidur yang optimal. Biasanya kolik ini disebabkan karena perut bayi yang kembung dan biasanya terjadi pada bayi dibawah usia 5 bulan. Dan bayi akan menjadi gelisah karena perut kembung pada bayi dan ibu bisa mencoba cara mengatasi perut kembung pada bayi. (baca: penyebab kolik pada bayi – penyebab bayi menangis terus  – Bayi menangis terus menerus )

  1. Mengompol atau buang air besar 

Penyebab tidur bayi menjadi gelisah di siang atau malam hari yang selanjutnya adalah karena bayi mengompol atau berak. Jika bayi Anda baru saja berusia 1-3 bulan dan masih mengenakan popok kain, bisa saja mereka mengompol atau berak. Dan karena itu tentu saja mereka merasa tidak nyaman kan bunda, sehingga tidur mereka akan gelisah. (baca:  penyebab bayi BAB keras dan berdarah – bayi tidak BAB seminggu – bayi tidak BAB 3 hari – penyebab bayi susah BAB)

Baca juga:

  1. Ruam pada pantat karena popok

Dan ketika bayi Anda sudah menggunakan popok yang dijual di pasaran, dan ketika popok itu penuh dan kotor. Bisa menyebabkan alergi dan ruam-ruam kemerahan pada pantat bayi Anda. Dan itu tentu saja akan membuat bayi Anda merasa gelisah dan rewel semalaman ya bunda. Maka dari itu jika mereka terlihat gelisah lihat dulu apa popok mereka penuh atau tidak. (baca: cara merawat kulit bayi sejak lahir – penyakit kulit pada bayi – infeksi kulit pada bayi )

  1. Kamar terlalu terang

Penyebab bayi gelisah ketika tidur di malam hari adalah karena kamar yang mereka tempati terlalu terang dan menyilaukan. Beberapa bayi memang tidak menyukai kamar yang terang. Jika mereka terlihat gelisah ketika tidur malam ataupun siang karena mungkin cahaya yang terlalu terang. Sebaiknya tempatkan bayi di tempat yang redup supaya ia nyaman tidurnya dan tidak menjadi gelisah.

Cara mengatasi bayi tidur gelisah

Berbagai penyebab ternyata bisa membuat bayi Anda menjadi gelisah ketika tidur siang ataupun malam hari ya bunda. Seperti yang dapat kita lihat, penyebab itu datang karena berbagai faktor. Oleh karena itu sebaiknya Anda juga mencari solusi untuk mengatasi kegelisahan bayi Anda supaya mereka bisa tidur dengan tenang. Tenang saja bunda, karena kami sudah menyiapkan itu untuk Anda. Berikut ini adalah cara mengatasi bayi tidur gelisah di siang dan malam hari spesial untuk buah hati Anda :

  1. Pastikan bayi kenyang sebelum mereka tidur

Karena bayi Anda bisa gelisah karena mereka kelaparan, ada baiknya sebelum tidur Anda perhatikan dahulu apa dia sudah kenyang atau belum. Pastikan sebelum mereka tidur Anda memberi mereka ASI supaya mereka tenang. Setelah itu jangan juga langsung menidurkannya karena bisa muntah atau gumoh. Gendong dia sambil timang-timang dia sampai dia tidur dengan sendirinya.

Informasi ASI:

  1. Beri dia selimut

Ketika malam hari udara akan menjadi semakin dingin, oleh karena itu untuk menjaga kenyamanan dan kehangatan bayi Anda. Sebaiknya ketika malam hari Anda memberikan dia pakaian hangat dan juga memberinya selimut supaya dia tetap hangat. Jika dia menjadi nyaman dan hangat tentu dia tidak akan gelisah. Namun perhatikan juga, jangan sampai selimut itu terlalu besar hingga bisa menganggunya. (baca:  efek AC terhadap bayi – bahaya AC bagi balita ) penggunaan box bayi)

  1. Jangan mengajak dia bermain sebelum tidur

Mungkin Anda dan pasangan biasa mengajak bayi kecil Anda bermain atau sekedar becanda ketika malam hari. Namun ketika sudah mendekati jam tidurnya sebaiknya jangan mengajaknya bermain ya bunda. Ketika sudah waktunya tidur jangan mengajak ia bermain supaya nantinya ia tidak gelisah. Sebaliknya ciptakan kondisi tenang dengan menimang-nimangnya sampai ia tertidur pulas, dengan begitu sanga buah hati tidak akan gelisah ketika ia tidur. (baca: bayi susah tidur siangpenyebab bayi kaget saat tidur – cara mengatasi bayi susah tidur )

  1. Periksa popok mereka

Sebelum mereka tidur atau mungkin ketika mereka rewel pada siang atau malam hari. Yang harus Anda lakukan adalah memeriksa popok mereka, lihat apakah mereka mengompol atau mungkin berak? Atau periksa juga apa popok mereka sudah penuh? Jika memang iya segeralah mengganti popoknya dengan popok baru ya bunda. Karena popok yang basah atau penuh bisa menyebabkan ruam dan rasa tidak nyaman pada mereka dan selain itu bisa membuat mereka gelisah. Oleh karena itu sering-sering memeriksa popoknya ya bunda, supaya sang buah hati kesayangan Anda bisa tidur dengan pulas dan nyaman. (baca: Mengatasi Bayi Jarang Pipis)

  1. Atur lampu ruangannya supaya tidak terlalu terang

Seperti yang sudah kami bahas diatas ya bunda, beberapa bayi memang tidak menyukai ruangan yang terlalu terang karena itu menyilaukan. Sebaiknya ketika Anda ingin menidurkan bayi kecil Anda pada ruangan yang redup atau Anda bisa mematikan lampu dan menyalakan lampu tidur. Buat suasananya supaya bayi Anda menjadi nyaman dan tidak gelisah ketika ia tidur.

Informasi penyakit bayi kuning:

  1. Untuk ibu hindari makanan yang mengandung gas

Seperti yang sudah kami bahas diatas, bayi bisa juga gelisah ketika mereka tidur karena mereka mengalami kembung di perut mereka. Kemnbung yang mereka alami padahal mereka hanya mengkonsumsi ASI saja dikarenakan makanan yang bunda konsumsi. Oleh karena itu ibu sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gas seperti brokoli, kembang kol, kubis, dan semacamnya karena bisa membuat perut bayi Anda menjadi kembung dan membuatnya gelisah ketika tidur. (Baca juga: Pantangan makanan Ibu menyusui , Bolehkan Ibu Menyusui Minum Kopi ?)

  1. Usahakan supaya tempat tidurnya nyaman

Bayi juga  bisa gelisah karena merasa tempat tidurnya tidak nyaman. Oleh karena itu sebelum bayi Anda tertidur pastikan dahulu jika tempat tidurnya menjadi nyaman. Jauhkan mainan atau boneka yang ada di box bayinya supaya dia memiliki ruang untuk bergerak, selain itu sesuaikan pakaiannya juga. Jika siang hari gunakan pakaian tipis, dan kalau malam gunakan pakaian yang hangat untuknya. Yang terpenting buatlah bayi Anda senyaman mungkin untuk terlelap ya bunda! (baca: penggunaan box bayi –  bahaya akibat bayi terjatuh dari tempat tidur – bahaya bayi jatuh terlentang)

  1. Konsultasikan dengan dokter

Bayi juga bisa gelisah karena mereka sedang sakit, demam, atau juga flu. Oleh karena itu jika bayi gelisah dan ternyata mereka mengalami sakit seperti demam. Segera bawa mereka ke dokter ya bunda. Segera periksakan mereka supaya penyakit yang mereka derita bisa segera sembuh dan tidur buah hati kesayangan Anda tidak akan terganggu lagi. Dengan begitu bayi Anda tidak akan gelisah ketika tidur dan akan mendapatkan jam tidur yang optimal. (Baca: cara mengatasi demam pada bayi – cara menurunkan panas pada bayi)

Itu dia informasi dari kami mengenai bayi tidur gelisah ketika siang dan malam hari beserta cara mengatasinya ya bunda. Sebaik mungkin perhatikan kondisi si kecil ya, buat mereka senyaman mungkin supaya mendapatkan jam tidur yang baik. Semoga bermanfaat!