Prolaps Rahim : Penyebab – Penanganan – Biaya operasi dan Pencegahan

Apa mungkin anda pernah mendengar prolaps rahim? Prolaps rahim adalah suatu keadaan dimana otot panggul dan ligamen yang menyanggah rahim meregang hingga melemah akhirnya tidak lagi bisa menahan rahim. Hal ini menyebabkan posisi rahim turun dari posisi semula atau bahkan rahim sedikit menonjol keluar dari vagina. Hal ini akan menyebabkan seperti ada yang ingin keluar dari vagina (ada bagian yang mengganjal di vagina), perut akan terasa sakit, dan rasanya selalu ingin buang air kecil namun jumlah air kencing yang keluar sedikit sekali. Prolaps rahim bisa menyerang wanita berbagai usia, namun biasanya prolaps rahim ini menyerang wanita yang sudah mengalami menopouse atau wanita yang menjalani melahirkan normal lebih dari satu kali. Lalu apa saja penyebab prolaps rahim pada wanita? Kita simak ulasan tentang penyebab prolaps rahim di bawah ini! (baca: operasi pengangkatan rahim – penyebab kandungan lemah)

Penyebab prolaps rahim pada wanita

  1. Menjalani proses melahirkan normal lebih dari satu kali

Penyebab yang pertama prolaps rahim pada wanita adalah karena sering menjalani proses melahirkan normal lebih dari satu kali dan dalam waktu yang berdekatan antara kelahiran satu dan kelahiran yang selanjutnya. Karena itu menjaga jarak kelahiran memang sangat penting, seperti dengan KB. (baca: hamil saat masih pakai alat kb  – efek samping pil KB – bahaya KB suntik)

  1. Penarikan rahim ketika belum waktunya

Yang kedua, prolaps rahim bisa terjadi karena pada saat proses melahirkan. Rahim ditarik secara paksa ketika pembukaan jalan kelahiran belum lengkap. Hal ini dapat menimbulkan prolaps rahim setelah proses kelahiran. Kasus ini biasanya sangat rentan untuk persalinan bayi sungsang namun dilakukan dengan persalinan normal.

Informasi bayi sungsang:

  1. Usia

Faktor usia juga bisa mempengaruhi terjadinya prolaps rahim, wanita yang memiliki usia lanjut lebih beresiko mengalami ini karena otot pelvis yang menahan rahim menjadi lemah dan akan menyebabkan rahim melorot. Semua masalah ini bisa menjadi lebih berat, terutama saat hamil diusia yang sudah lebih tua. (baca: resiko hamil di atas 35 tahun – hamil di usia 40 tahun ke atas – kehamilan di atas 45 tahun )

  1. Obesitas / Berat badan yang berlebih

Jika wanita mengalami obesitas atau memiliki berat badan yang berlebih, ini juga bisa menjadi penyebab melorotnya rahim karena berat badan yang berlebih akan menimbulkan ketegangan pada otot pelvis yang menahan rahim. Obesitas yang terjadi pada saat hamil juga tidak baik. Karena juga bisa memicu diabetes dan bayi besar dalam kandungan.  (Baca juga: Bahaya Obesitas Bagi Ibu Hamil , Cara Menurunkan Berat Badan Saat Hamil)

  1. Menopouse

Seperti yang sudah kita bahas sedikit diatas, wanita yang sudah mengalami masa menapouse akan lebih beresiko terkena prolaps rahim. Hal ini karena hormon estrogen berangsur-angsur menghilang secara alami. Hal ini menyebabkan otot pelvis lemah bahkan kehilangan jaringan. (baca: Adenomiosis – penyebab adenomiosis)

  1. Sering mengangkat benda-benda berat

Memang kelihatannya sepele, namun hal ini dapat menyebabkan prolaps rahim pada wanita. Mengangkat benda benda yang berat dapat menyebabkan otot panggul wanita menjadi kuat atau malah melemah, jika otot panggul melemah tentunya anda akan mengalami prolaps rahim.  (baca: bahaya ibu hamil angkat beban berat – olahraga yang dilarang untuk ibu hamil


  1. Batuk kronis

Batuk kronis yang diderita oleh wanita juga bisa menjadi penyebab terjadinya prolaps rahim. Batuk memang penyakit yang bisa terjadi pada siap saja. Bahkan batuk bisa terjadi pada ibu hamil dan ibu menyusui.  Jika batuk setelah melahirkan normal maka juga bisa memicu prolaps rahim.

Informasi flu dan batuk saat hamil:

  1. Merokok

Berbagai riset dan penelitian membuktikan jika merokok memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Terutama untuk kaum hawa, merokok bisa mendatangkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan salah satunya adalah prolaps rahim. Merokok juga bisa menyebabkan gangguan reproduksi termasuk seperti kista dan keguguran saat hamil.

Gejala prolaps rahim pada wanita

Untuk mengetahui terserang penyakit ini atau tidak ada baiknya kita mengetahui gejala-gejala yang ada ketika seseorang terserang gangguan prolaps rahim, gejala yang dialami seperti ini :

  1. Perut terasa sakit sekali. Jika wanita normal maka bisa merasa seperti ingin buang air kecil tapi tidak bisa. Jika terjadi saat hamil maka bisa menyebabkan perut melilit. (baca: cara mengatasi anyang-anyangan pada ibu hamil –  perut melilit saat hamil )
  2. Ada bagian yang mengganjal atau menonjol keluar dari dalam vagina
  3. Rasa ingin kencing terus menerus namun air kencing yang keluar hanyalah sedikit.
  4. Ketika batuk anda parah, air kencing akan keluar sedikit.
  5. Terjadi gangguan buang air besar atau sembelit. (baca: susah BAB saat hamil –  ambeien saat hamil – bahaya ambeien untuk ibu hamil)

Penanganan prolaps rahim pada wanita

Jika anda merasakan gejala seperti perut sakit, atau ada yang mengganjal pada vagina dan gejala yang kita bahas sedikit diatas tadi ada baiknya segera pergi ke dokter untuk memeriksakannya. Setelah mengetahui penyebab gangguan ini, ada baiknya kita untuk mengetahui juga penanganan yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah penanganan prolapas :

  1. Turunkan berat badan

Turunkan berat badan anda untuk mengurangi stress dan ketegangan dari otot pelvis. Bagi wanita yang belum menikah atau belum melahirkan maka berat badan berlebihan bisa memberi dampak buruk. Biasanya efek yang paling terasa adalah seperti haid yang tidak teratur. Kondisi ini juga bisa memicu penyakit pada sistem reproduksi.

  1. Hindari untuk mengangkat beban berat

Seperti yang kita singgung diatas tadi, mengangkat beban ataupun barang-barang yang berat bisa menimbulkan terjadinya prolaps rahim. Untuk itu menghindari untuk mengangkat beban berat adalah hal yang baik, karena jika sudah terdiagnosis prolaps rahim dan anda masih mengangkat beban berat malah akan memperparahnya.

  1. Melakukan senam kegel

Yang ketiga anda bisa melakukan senam kegel, untuk tutorialnya anda bisa mencari di youtube. Manfaat senam kegel ini adalah untuk memperkuat otot pelvis dan memperkuat otot yang ada pada vagina. Dengan begitu otot pelvis anda akan berangsur-angsur membaik. (baca : senam hamilcara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan caesar ) 

  1. Terapi cincin estrogen

Anda juga bisa melakukan terapi ini, terapi ini dilakukan dengan cara memasukkan cincin pessarium ke dalam vagina. Cincin ini berfungsi untuk mengembalikan kekuatan otot pelvis dan mengembalikan vitalitas pada jaringan vagina selain itu cincin ini berfungsi untuk mendongkrak posisi rahim unutk kembali ke tempat semuala, namun terapi ini hanya bisa diterapkan untuk wanita yang sudah mengalami menapouse saja.

  1. Operasi

Langkah yang terakhir dalam penanaganan gangguan ini adalah dengan operasi. Sebelumnya anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum meminta untuk menjalani operasi, biasanya operasi tergantung dengan usia si penderita. Operasi akan membantu memulihkan posisi rahim anda dan jika anda tidak ingin hamil lagi, ahli bedah akan mengambil rahim dan memperbaiki jaringannya yang rusak.

Biaya operasi prolaps rahim pada wanita

Sebenarnya pengobatan prolaps rahim ini tidak selalu diperlukan, namun jika anda merasa sangat tidak nyaman dan gangguan prolaps rahim anda semakin parah. Anda bisa menghubungi dokter untuk segera menerima penanganan atau operasi untuk memperbaiki posisi rahim anda. Jika anda memilih jalan untuk operasi ada beberapa operasi yang akan diterapkan ahli bedah untuk anda, operasi bisa melalui sayatan kecil di perut, operasi melalui vagina, atau operasi dengan perut terbuka. Selain itu pemasangan cincin estrogen juga memerlukan operasi untuk pemasangannya.

Berikut ini adalah rincian biaya operasi menurut level prolaps rahimnya dan juga pengangkatan rahim :

  • Operasi level 1 = Rp 19.800.000
  • Operasi level 2 = Rp 30.000.000
  • Operasi level 3 = Rp 32.000.000
  • Operasi level 4 = Rp 35.000.000
  • Operasi level 5 = Rp 38.000.000
  • Operasi level 6 = Rp 42.800.000
  • Terapi estrogen = Rp 26.600.000
  • Kombinasi = 41.200.000

Pencegahan prolaps rahim pada wanita

Seperti yang sudah kita lihat diatas, biaya untuk menjalani operasi dan terapi prolaps pada rahim sangatlah mahal. Ada baiknya jika kita bisa mencegah daripada mengobatinya, bersyukurlah jika memang anda tidak terserang penyakit ini. Namun ada baiknya untuk mencegah datangnya gangguan ini, berikut adalah cara mencegah prolaps rahim yang bisa anda lakukan :

  1. Awasi berat badan anda

Seperti yang kita bahas di atas, kelebih berat badan bisa menjadi salah 1 penyebab terjadinya prolaps pada rahim. Untuk mencegah terjadinya prolaps, tentunya pada awalnya anda harus mengawasi berat badan anda supaya tidak terlalu berlebih karena bisa menimbulkan ketegangan otot pelvis dan menyebabkan prolaps rahim. Jaga berat badan anda pada batas wajar, jaga pola makan dan asupan nutrisi. (baca:  nutrisi ibu hamil – gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan)

  1. Hindari sembelit

Cara untuk menghindari prolaps pada rahim yang kedua adalah dengan menghindari sembelit, konsumsi banyak makanan yang mengandung serat seperti buah pisang, buah pepaya, oatmeal, buah alpukat, brokoli. Makanan yang saya sebutkan diatas adalah makanan yang mengandung serat tinggi. Oleh karena itu konsumsi buah dan sayuran yang mengandung serat tinggi secara rutin, karena selain mencegah prolaps juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anda.

Baca juga:

  1. Lakukan senam kegel setiap pagi

Ternyata senam kegel tidak hanya dilakukan untuk menyembuhkan prolaps rahim saja, senam kegel juga bisa anda lakukan setiap pagi untuk mencegah prolaps rahim. Dengan melakukan senam kegel setiap paginya, otot pelvis dan otot pada bagian vagina anda menjadi kuat dan tentunya akan mencegah terjadinya kemelorotan rahim anda.

  1. Hindari angkat berat

Yang sudah kita bahas pada ulasan di atas, angkat berat juga harus anda kurangi untuk mencegah melemahnya otot pelvis anda. Sebaiknya minta tolong pria untuk mengangkat barang-barang yang dirasa terlalu berat untuk anda angkat sendirian.

  1. Rutin berolahraga

Langkah yang terakhir adalah dengan rutin berolah raga setiap harinya, tidak usah yang berat-berat cukup melakukan lari pagi atau pemanasan ringan setiap harinya. Jika anda tidak memiliki banyak waktu, anda bisa melakukan olah raga kecil-kecilan yang bisa anda lakukan di dalam rumah. Sekarang ini sudah tersedia aplikasi gerakan-gerakan kecil olah raga yang bisa anda unduh di playstore ataupun app store. (baca: olahraga yang dilarang untuk ibu hamil)

Itu dia beberapa ulasan mengenai prolaps rahim, ketika anda mengalami gejala-gejala yang disebutkan diatas ada baiknya segera pergi ke dokter untuk memeriksakan keadaan. Memang tidak terlalu berbahaya namun tentunya ini akan sangat mengganggu aktifitas keseharian anda, jika anda mengalami prolaps rahim dan ingin memiliki keturunan disarankan untuk melakukan operasi terlebih dahulu. Karena mengandung dalam keadaan prolaps akan berbahaya dan semakin memperparah gangguan. Ada baiknya kita mencegah sebelum mengobatinya.

, , ,
Post Date: Friday 11th, August 2017 / 04:47 Oleh :
Kategori : Kewanitaan