71 Sayuran yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil Harus Dihindari

Menu makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil, adalah menu makanan yang mengandung banyak nutrisi. Nutrisi bisa anda temukan dalam berbagai makan seperti buah, sayuran, dan bahkan daging ataupun ikan. Namun tahukah anda, jika ternyata ada beberapa sayuran, buah dan ikan yang berbahaya jika dikonsumsi wanita yang sedang hamil ? Sebagai calon ibu yang cerdas, sudah seharunya anda mengetahui mana yang baik dan mana yang berbahaya untuk anda dan calon bayi anda. Dan untuk lebih jelasnya kita akan membahas apa saja makanan yang tidak baik untuk ibu hamil, silahkan menyimak informasi dibawah ini: (baca: pantangan makanan ibu hamil – pantangan ibu hamil muda – makanan yang dilarang untuk ibu hamil 1 bulan )

  1. Sayur nangka muda

Nangka muda banyak sekali digunakan ibu-ibu untuk dibuat sayur, atau menu makan siang. Apalagi jika sayur nangka mudah ditambahkan gorengan ikan asin dan sambal. Namun sayangnya siapa yang tahu jika sayur dari nangka muda ini, ternyata memiliki efek yang berbahaya bagi anda yang sedang hamil. Sayur nangka muda bisa membuat anda mengeluarkan tanda-tanda mirip seperti keguguran awal. Oleh sebab itu sebaiknya hindari untuk mengonsumsi sayur nangka muda, gantilah menu anda dengan sayur bayam atau beberapa sayur lainnya. (baca:  bolehkan ibu hamil makan nangkamanfaat buah nangka untuk ibu hamil – bahaya buah nangka bagi ibu hamil )

  1. Daun pepaya

Sayur daun pepaya adalah salah satu menu makan siang yang sedap. Anda bisa mengolahnya menjadi onseng daun pepaya dan teri medan. Namun siapa sangka jika makanan ini ternyata berdampak negatif jika dikonsumsi wanita yang sedang hamil. Jika anda sedang mengandung, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi sayuran ini. (Baca juga: Manfaat daun pepaya bagi Ibu hamil – Manfaat buah pepaya untuk Ibu hamil))

  1. Sayur krecek

Sayur krecek banyak disukai para ibu-ibu, terutama jika dimakan siang hari. Sayuran ini memiliki zat yang berbahaya jika dikonsumsi terus-menerus oleh wanita hamil. Jika anda saat ini sedang hamil, maka sebaiknya hindari untuk memakan sayur krecek. Sayuran krecek juga biasanya dimasak dengan santan sehingga bisa menyebabkan obesitas untuk ibu hamil. (baca: menu diet ibu hamil dengan obesitasBahaya Obesitas Bagi Ibu Hamil)

  1. Kecambah

Sayur yang berbahaya lainnya adalah kecamba. Sayuran kecil ini berbahaya jika dikonsumsi dalam kondisi yang masih menta. Anda bisa mengalami kembung atau bahkan mengeluarkan flek saat megandung. Sebaiknya masaklah kecambah agar matang, barulah anda bisa mengonsumsinya. (baca:  larangan ibu hamil wajib di hindari )

  1. Sayur daun anggur

Beberapa orang sangat menyukai sayur daun anggur, dan biasanya ibu-ibu memasak sayur daun anggur dengan cara ditumis. Jika anda juga menyukai sayur ini, maka sebaiknya dalam masa kehamilan hindari sayur daun anggur. Anda bisa mengalami flek bahkan hingga keguguran, karena sayuran ini bisa menyebabkan panas pada kandungan anda. (baca:  nutrisi ibu hamil – gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan)

  1. Sayur berpestisida

Sayuran berpestisida merupakan salah sayuran yang sangat berbahaya dikonsumsi oleh ibu hamil. Pertama sayur berpestisida bisa menyebabkan cacat permanen pada bayi, dan kedua dapat menyebabkan kematian mendadak pada janin yang ada dalam rahim ibu. Jika anda ingin memasak sayuran, sebaiknya cucilah sayuran dengan bersih atau bahkan menggunakan sabun penghilang pestisida. (baca:  makanan penguat kandungan)

Informasi penyebab keguguran:

  1. Sayur busuk

Kerap kali orang menganggap sayuran yang busuk masih bisa digunakan dengan cara dicuci dahulu. Namun anda juga harus tahu jika sayuran yang busuk, tidak akan kembali segar hanya dengan cara dicuci. Sayuran busuk yang dimasak dan dikonsumsi ibu hamil, akan berdampak sangat berbahaya. Pertama pasti ada kuman yang terkandung di dalamnya, dan tentu kuman tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan si ibu hamil dan bayinya.


  1. Sayur kubis

Sayur kubis adalah salah satu sayur yang bisa membuat ibu hamil merasa begah, atau lebih tepatnya tidak nyaman. Sayur kubis bisa memicu produksi gas dalam tubuh, sehingga wanita yang sedang hamil akan merasa perutnya mengeras dan sedikit keram. Kubis sangat sensitif untuk semua ibu hamil yang sakit maag. (baca: Obat Maag Untuk Ibu Hamil – cara menurunkan asam lambung saat hamil –  Puasa Bagi Ibu Hamil ))

  1. Sayur sawi putih

Sawi putih merupakan salah satu sayuran yang banyak disebut-sebut sebagai sayuran berbahaya bagi ibu hamil. Jika anda saat ini sedang hamil, maka sebaiknya hindari makan sayur sawi putih. Anda bisa mengganti sawi putih dengan sawi hijau, dan tentu manfaat sawi hijau lebih banyak bagi ibu hamil. (baca: akibat kekurangan asam folat pada ibu hamil – manfaat asam folat bagi ibu hamil – akibat kelebihan asam folat pada ibu hamil)

  1. Sayur yang sudah berjamur

Salah satu sayur sayur yang berbahaya untuk ibu hamil adalah sayuran yang berjamur namun tetap dimasak. Sebaiknya anda menghindari hal tersebut, karena hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan janin dalam kandungan. Anda bisa memilih sayuran yang segar, atau jalan keluarnya jangan membeli sayur dalam jumlah banyak sekaligus. Anda bisa membeli sayur setiap hari atau bahkan dua hari sekali, untuk meminimalisir adanya resiko sayur yang berjamur. (baca: bahaya makan jamur bagi ibu hamil)

  1. Sayur yang belum dicuci

Sayur yang belum dicuci sebaiknya tidak dikonsumsi. Sayur yang tidak dicuci akan berbahaya bagi kesehatan wanita yang sedang hamil. Karena sayuran bisa jadi mengandung pestisida yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan bayinya. Anda harus mencuci sayuran setiap kali akan dimasak, selain itu anda juga bisa menggunakan sabun penghilang pestisida untuk mencegah adanya sisah pestisida yang tertinggal pada sayur.

Informasi buah sehat untuk ibu hamil:

  1. Sayur kurang matang

Masaklah sayuran hingga mencapai kematangan yang sempurna. Memasak sayuran hingga mencapai kematangan yang sempurna adalah kewajiban bagi anda yang sedang hamil. Karena sayuran yang anda konsumsi tidak matang, maka hal ini akan berbahaya bagi kesehatan anda dan bayi dalam kandungan. (baca: toxoplasma pada ibu hamil )

  1. Sayur mentah

Memasak sayuran dengan kematangan yang sempurna memang harus dilakukan, karena jika sayur kurang matang akan berbahaya bagi ibu  hamil. Sayuran yang kurang matang berbahaya, apalagi sayuran yang mentah. Anda tidak diperkenankan untuk mengonsumsi sayuran yang tidak matang atau mentah. Karena sayuran yang mentah akan berbahaya bagi kesehatan anda.

Informasi sayuran sehat ibu hamil:

  1. Sayur yang terlalu matang

Masaklah sayuran hingga mencapai kematangan yang sempurna, namun bagaimana jika sayur overcook atau terlalu matang?? Sebenarnya sayuran yang kurang matang kurang baik untuk dikonsumsi ibuhami, karena vitamin yang ada pada sayur telah hilang dan sayuran hanya akan megenyangkan saja namun tidak mengandung nutrisi.

Informasi sayuran sehat ibu hamil:

  1. Sayur dengan ikan lele

Indonesia kaya akan kuliner yang sangat lezat, salah satunya sayur gulai ikan lele. Sayuran yang ada akan dimasak dengan ikan lele. Namun sayangnya lele bukanlah menu ikan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Jika anda saat ini sedang hamil, maka sebaiknya hindari untuk mengonsumsi ikan lele atau sayur gulai ikan lele.

Baca juga:

  1. Sayur yang dicampur arak

Selanjutnya adalah sayur yang dicampur dengan arak. Ada beberapa makanan yang diolah dengan menggunakan arak, hal ini memang akan biasa jika dikonsumsi wanita yang tidak hamil. Namun akan berbeda hal nya jika sayuran dengan dengan arak, dikonsumsi ibu yang sedang hamil. Arak bersifat panas dan mengandung alkohol, sehingga ibu hamil dan menyusui tidak diperbolehkan untuk mengonsumsinya. Jika anda bersikeras mengonsumsinya, maka sebaiknya pertimbangkan beberapa resiko seperti keguguran, bayi mati mendadak, bayi lahir dengan syndrome atau bahkan cacat permanen. (baca: bolehkah ibu hamil makan tape singkong)

  1. Sayur kangkung setengah matang

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Namun siapa sangka jika di dalam batang kangkung bisa hidup mikroba kecil yang bisa menyebabkan kematian. Jika anda mengonsumsi kangkung, maka sebaiknya masaklah kangkung hingga matang. Belahlah bagian batang kangkung, agar tidak ada mikroba yang tinggal di dalamnya dan membahayakan kondisi wanita yang sedang hamil.

  1. Sayur kerang manis

Sayur kerang asam manis atau sayur kerang saus manis, tentu menu tersebut sangat lezat kedengarannya. Namun jika anda sedang dalam masa mengandung, sebaiknya tidak berpikir ingin mengonsumsi sayuran tersebut. Sayuran memang sehat untuk ibu hamil, namun tidak bagus jika dicampurkan dengan kerang. Karena kerang sendiri adalah salah satu jenis hewan yang berbahaya jika dikonsumsi ibu hamil, terutama pada trimester kedua. Jika anda mengonsumsi kerang saat hamil, maka anda bisa mengalami beberapa hal seperti mual, pusing, muncul flek dan beberapa masalah kehamilan lainnya. (baca: makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil – ibu hamil makan kerang))

  1. Gulai sayur nanas

Sayur adalah jenis makanan yang sehat dan nikmat. Namun jika sayur ditambahkan dengan nanas, maka anda yang sedang hamil tidak dapat memakannya. Biasanya nanas juga dicampurkan sebagai acar dengan timun yang segar. Nanas adalah salah satu buah yang berbahaya jika dikonsumsi wanita yang sedang hamil, terutama jika anda sedang hamil di trimester pertama. Nanas bisa menyebabkan keguguran pada beberapa ibu yang rahimnya lemah, sehingga buah ini tidak direkomendasikan pada wanita yang sedang hamil. ( Baca : Bahaya nanas bagi ibu hamil muda – manfaat nanas bagi ibu hamil – bahaya nanas untuk ibu hamil)

  1. Sayur kalengan

Makan sayur kalengan memang nikmat dan praktis untuk disajikan. Namun siapa sangka jika sayur kalengan ternyata berbahaya dikonsumsi ibu hamil. Sebaiknya anda menghindari sayur kaleng dan beralih pada sayuran yang segar. Anda bisa membelinya di pasar dengan harga yang terjangkau , atau bahkan anda juga bisa membelinya di supermarket terdekat. (baca: bahaya snack bagi ibu hamil)

  1. Sayur asin

Sayur asin meerupakan salah satu sayuran yang khas, dan tidak semua orang bisa membuatnya. Sayuran ini memang sedap jika dimakan dengan sambal dan tempe. Namun bagi anda yang sedang hamil, sayuran ini sangat tidak direkomendasikan. Sayuran ini mengandung zat asam yang cukup tinggi, sehingga hal tersebut  bisa membuat para wanita hamil merasa sakit perut dan bahkan kram. (Baca: bahaya garam bagi ibu hamil – akibat kekurangan yodium pada ibu hamil – manfaat yodium bagi ibu hamil)


  1. Sayur ikan tenggiri pedas

Salah satu olahan sayur yang tidak baik untuk ibu hamil, adalah sayur gulai ikan tenggiri yang super pedas. Dibeberapa daerah sayuran ini sangat terkenal, namun sayangnya olahan sayur ini tidak direkomendasikan bagi wanita yang sedang hamil. Jika anda saay ini sedang hamil, maka sebaiknya tidak mengonsumsi hal-hal yang berbau ikan tenggiri. (baca: obat diare ibu hamil – obat mencret untuk ibu hamilDiare saat hamil)

  1. Sayur dengan mie instan

Beberapa orang berpikir jika mie instan yang diberi sayur, akan lebih sehat dan aman dikonsumsi. Mie instant bukanlah makanan yang baik dan layak untuk dikonsumsi ibu hamil. Makanan yang satu ini sebaiknya anda hindari, walaupun anda mencampurkan sayur ke dalam mie. Karena campuran sayur dan mie, tidak akan merubah kandungan mie yang tidak baik menjadi baik. (Baca: bahaya ibu hamil makan mie instan – bahaya MSG bagi ibu hamil)

  1. Sayur dengan kornet

Kornet ternyata tidak baik walaupun dicampurkan dengan sayuran. Jika anda berpikir jika olahan daging atau kornet itu menyehatkan, sebaiknya anda merubah pola pikir tersebut. Sayuran yang dicampurkan dengan kornet, sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena percuma saja jika anda mengonsumsi kornet dan sayur dalam waktu bersamaan, hal tersebut tidak akan memberikan anda manfaat dan bahkan menyebabkan gangguan pada pencernaan anda.(baca: makanan yang dilarang setelah keguguran –  bahaya kafein bagi ibu hamil – bahaya kopi bagi ibu hamil dan janin – manfaat kopi bagi ibu hamil)

Sayuran yang berbahaya untuk dikonsumsi ibu hamil sebaiknya anda hindari. Karena hal tersebut akan berdampak negatif bagi kesehatan bayi dan diri anda sendiri. Selain itu anda juga bisa menghindari beberapa olahan sayur dan makanan lainnya yang berbahaya jika dikonsumsi ibu hamil secara berlebihan.

Sayuran lain yang berbahaya: 

  1. Sayur pare (baca: Baca : Manfaat pare bagi ibu hamil)
  2. Sayur dengan minyak babi
  3. Sayur dengan ikan todak.
  4. Gulai Sayur dengan ikan pari
  5. Sayur asem dengan kacang tanah
  6. Sayur ganja (baca: bahaya ekstasi bagi ibu hamilbahaya ganja bagi ibu hamil
  7. Sayuran frozen
  8. Sayuran kaleng
  9. Kangkung air
  10. Sayur rebung (baca: rebung bagi ibu hamil)
  11. Mentimun (baca:  Mentimun bagi ibu hamil )
  12. Seledri
  13. Jengkol (baca: ibu hamil makan jengkol)
  14. Kentang
  15. Terong lokal
  16. Terong belanda
  17. Sayur kacang
  18. Buncis
  19. Jamur
  20. Tomat muda
  21. Sikas
  22. Kacang merah
  23. Sayur datura
  24. Sayur rubarb
  25. Sayur urushi
  26. Sayur turi
  27. Kecipir
  28. Selada
  29. Selada air
  30. Sayur enceng gondok
  31. Sayur hati pisang
  32. Sayur kluwe
  33. Sayur cempedak
  34. Sayur daun singkong
  35. Sayur daun pecut kuda
  36. Sayur kelor
  37. Sayur daun jati muda
  38. Sayur kubis brussel
  39. Sayur kubis bunga
  40. Sayur daun ketumbar
  41. Sayur petola
  42. Sayur pucuk paku
  43. Sayur pegaga
  44. Sayur sayur kucai
  45. Sayur kailan
  46. Sayur escarole
  47. Sayur artichoke

Pilihlah jenis dan menu makanan yang bisa membuat anda sehat, tidak hanya anda tapi juga bayi yang ada dalam kandungan. Anda bisa mengonsumsi makanan berserat dan kaya akan vitamin seperti apel, melon, bayam dan beberapa jenis makanan lainnya.

, , ,
Post Date: Thursday 21st, September 2017 / 00:13 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular