32 Makanan untuk Penambah Tekanan Darah Rendah Pada Ibu Hamil

Sebagai seorang wanita yang kini tengah mengandung buah hati, tentu saja kita membutuhkan segala yang terbaik untuk kesehatan kita dan juga untuk kesehatan janin yang ada di dalam kandungan kita. Tentu saja kita tak ingin calon buah hati kita mengalami gangguan kesehatan yang bisa menganggunya sampai ia lahir nanti. Ibu yang sedang baik tidak baik jika ia memiliki tekanan darah yang tinggi, namun jika tekanan darah juga terlalu rendah itu juga tidaklah baik bagi kesehatan bunda dan si kecil. Jika Anda memiliki riwayat darah rendah sebaiknya Anda harus mengkonsumsi beberapa makanan untuk meningkatkan tekanan darah ke tingkat yang normal. Berikut adalah informasi mengenai makanan untuk penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil. Simak baik-baik ya bunda!(baca: penyebab ibu hamil darah rendah – bahaya darah rendah pada ibu hamil – anemia pada ibu hamil)

  1. Brokoli

Makanan pertama yang bisa meningkatkan tekanan darah adalah sayuran yaitu brokoli. Sayuran berwarna hijau ini bisa meningkatkan tekanan darah karena kandungan protein dan juga zat besi yang bisa mengingkatkan tekanan darah karena zat besi bisa meningkatkan produksi sel darah. Selain itu bunda, brokoli juga mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan radikal bebas. (baca:  nutrisi ibu hamil – gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan – manfaat brokoli bagi ibu hamil)

  1. Buah naga

Selanjtunya adalah buah naga, buah yang memiliki daging berwarna merah atau putih ini ternyata bisa meningkatkan tekanan darah Anda. Buah naga mengandung vitamin A yang bisa meningkatkan tekanan darah pada penderita anemia dan selain itu baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. (baca: makanan ibu hamil 6 bulan – makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan)

  1. Kurma

Tidak hanya pada bulan puasa saja Anda bisa mengkonsumsi makanan yang satu ini. Ternyata kandung vitamin B kompleks yang ada di dalam kurma bisa membantu meningkatkan produksi dari sel darah merah dan bisa mengatasi gejala tekanan darah rendah. Selain itu kandungan tanin di dalam kurma ini berperan sebagai anti infeksi yang akan melindungi bunda dan janinnya.

Informasi kurma:

  1. Buah apel

Buah apel ternyata juga bermanfaat untuk mengingkatkan tekanan darah pada ibu hamil. Karena kandungan di dalamnya yaitu vitamin C dan juga asam folat B9 yang baik untuk penderita anemia dan selain itu juga bermanfaat untuk mengurangi rasa mual pada ibu yang hamil muda.

Baca:

  1. Telur

Selain buah dan sayuran, ternyata telur juga bermanfaat untuk meningkatkan tekanan darah bagi ibu hamil. Kuning telur adalah bagian yang bermanfaat untuk meningkatkan tekanan darah, selain itu telur juga memiliki kandungan omega-3 yang tinggi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan bunda.  (baca: manfaat telur asin bagi ibu hamil –  manfaat telur bagi ibu hamil)


  1. Susu kedelai

Yang selanjutnya adalah susu kedelai, susu yang berasal dari olahan kedelai ini ternyata juga bisa bermanfaat untuk menaikkan tekanan darah. Selain bisa meningkatkan tekanan darah, susu kedelai juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran ibu hamil dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. (baca: manfaat susu kedelai bagi ibu hamil – manfaat kacang hijau bagi ibu hamil )

  1. Daging ayam

Jika ibu memiliki tekanan darah rendah ketika sedang mengandung maka sebaiknya bunda banyak mengkonsumsi daging ayam. Daging ayam bisa meningkatkan tekanan darah karena memiliki kandungan protein hewani yang tinggi dan bisa memacu pemabunganan sel-sel yang ada pada pembuluh darah. Namun sebaiknya bunda mengkonsumsi ayam kampung supaya aman dan sehat. (baca: diet ibu hamil agar bayi tidak besar –bahaya bakso bagi ibu hamil)

  1. Jeruk

Buah yang mengandung banyak vitamin C ini juga harus sering ibu hamil konsumsi jika ingin tekanan darahnya menjadi normal. Kandungan vitamin C di dalam jeruk ini membuat bunda dapat dengan mudah menyerap zat besi dan bisa menaikkan tekanan darah hingga jadi normal. (baca: manfaat jeruk untuk ibu hamil – manfaat jambu air untuk ibu hamil )

  1. Stroberi

Masih sama dengan jeruk, buah ini juga mengandung vitamin C yang bagus untuk menyerap zat besi. Jika bunda tidak suka buah stroberi dimakan begitu saja maka bunda bisa membuat jus stroberi. Selain itu stroberi juga baik untuk mencegah berat badan berlebih pada janin kita. (baca: manfaat strawberi bagi ibu hamil )

Informasi gangguan kehamilan:

  1. Susu almond

Anda sudah pernah mencoba susu almond? Susu almond ternyata juga baik untuk membuat tekanan Anda menjadi normal bunda. Mencegah tekanan darah turun lagi, dan susu almond ini selain itu rendah akan kolesterol dan kandungan omega-3 nya baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan.(Baca juga: Makanan Pengganti Karbohidrat untuk Ibu Hamil – manfaat almond bagi ibu hamil)

  1. Kacang-kacangan

Jenis makanan yang selanjutnya yang bisa menaikkan tekanan darah adalah kacang-kacangan. Menurut Harvard Heart Letter, dengan mengkonsumsi jenis makanan bisa meningkatkan tekanan darah dan juga bisa diserap oleh pencernaan dengan mudah. Oleh karena itu bunda bisa mulai mengkonsumsi jenis kacang-kacangan seperti buncis, kacang merah, kacang polong, dan lain sebagainya. (baca: makanan untuk ibu hamil 5 bulan – gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan)

  1. Buah bit

Apa Anda pernah mendengar buah bit? Buah bit ini ternyata mengandung zat besi yang cukup tinggi dan bisa menaikkan tekanan darah bunda menajdi normal, dan bisa mencegah terjadinya anemia. Selain itu buah bit juga bisa menjaga stamina, terutama untuk ibu hamil yang mungkin suka lemas dan letih. 

Baca:

  1. Delima

Makanan penambah tekanan darah pada ibu hamil yang selanjutnya adalah buah delima, buah delima mengandung zat besi yang tinggi yang bisa menambah produksi sel darah merah dan membuat bunda memiliki tekanan darah normal. Selain itu kandungan vitamin C di dalamnya juga baik untuk menjaga sistem imun bunda maupun bayi. (baca: –  manfaat susu bagi ibu hamil – akibat ibu hamil jarang minum susu hamil –  manfaat susu Anmum Materna untuk ibu hamil)

  1. Kismis

Tahukah Anda jika ternyata kismis bisa dijadikan sebagai makanan penambah darah? Caranya rendam sekitar 10 hingga 20 kismis dalam air semalaman kemudian minum keesokan harinya. Kismis mengandung vitamin B kompleks yang meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dan selain itu bisa mengatasi morning sickness seperti rasa mual di pagi hari. (baca: makanan untuk ibu hamil 5 bulan – gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan)

  1. Madu

Salah satu gejala yang bisa terjadi ketika tekanan darah Anda rendah adalah sering merasa pusing. Oleh karena itu madu juga bisa bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah rendah Anda. Selain itu madu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan bunda dan mengatasi rasa mulas pada perut.

Informasi sumber karbohidrat ibu hamil:

  1. Daun basil

Daun basil ternyata juga bisa mengtasi tekanan darah rendah. Caranya hanya dengan membuat daun basil menjadi jus lalu tambahkan dengan madu dan minum itu setiap paginya ketika perut Anda belum terisi.

Informasi sayuran sehat untuk ibu hamil:

  1. Hati ayam

Orang yang mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah cenderung kekurangan vitamin B12 dan asam folat. Untuk membuat tekanan darah Anda normal tentunya Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung itu dan itu bisa Anda dapatkan melalui hati ayam. (baca: bahaya jeroan bagi ibu hamilibu hamil makan ati ampela)

  1. Wortel

Wortel terkenal kaya akan vitamin A yang bisa menyehatkan mata bunda. Selain itu ternyata wortel juga baik untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengatasi tekanan darah rendah. Supaya mendapatkan manfaat yang lebih bunda bisa menambahkan beberapa sendok madu dan minum di pagi hari.  (baca: vitamin A untuk ibu hamil – manfaat wortel untuk ibu hamil)

  1. Rosemary

Yang selanjutnya adalah rosemary, rosemary ternyata bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah rendah. Jika ibu ingin mendapatkan tekanan darah yang normal maka tidak ada salahnya sering konsumsi teh rosemary tiap harinya. (baca: cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan – makanan sehat untuk ibu hamil)

  1. Ginseng

Tanaman khas Korea ini sudah dipercaya memilki berbagai khasiat sejak jaman dahulu. Ginseng ternyata terbukti bisa mengatasi tekanan darah rendah dan menstablikan tekanan darah Anda. Anda bisa membeli suplemen yang mengandung ginseng yang aman untuk Anda dan bayi Anda. (baca: amankah ginseng untuk ibu hamil)

  1. Bawang putih

Bumbu dapur satu ini ternyata juga memiliki manfaat untuk mengatasi tekanan darah rendah. Kandungan zat di dalamnya baik untuk kesehatan  tubuh dan melancarkan peredaran darah. Caranya konsumsi 2 siung bawang putih setiap harinya, jika Anda tidak suka dengan baunya Anda bisa mengirisnya atau memakannya dengan nasi.

Informasi manfaat bawang putih:

  1. Lemon

Buah yang kaya dengan vitamin C ini sudah kita ketahui memilki banyak manfaat untuk diet bahkan untuk kecantikan. Kandungan vitamin C nya yang sangat banyak bisa menjadikan buah lemon sebagai antioksidan dan juga melancarkan peredaran darah termasuk meningkatkan tekanan darah rendah menjadi normal. (baca:  manfaat madu untuk ibu hamil – manfaat madu untuk ibu menyusui – manfaat madu untuk bayi baru lahir)

Baca juga:

  1. Daun kemangi

Daun kemangi ternyata juga memiliki peran yang penting dalam menormalkan tekanan darah. Daun yang biasanya dijadikan sebagai lalapan ini kaya akan magnesium, pottasium, vitamin C, dan vitamin B5 yang baik untuk darah Anda.

  1. Akar licorice

Akar licorice ini sering di sebut dengan akar manis. Akar manis ini bisa membuat tekanan Anda menjadi normal caranya hanya dengan merebus akar licorice kering kemudian di saring dan diminum. Namun bunda sebaiknya jangan mengkonsumsi akar manis ini lebih dari 8 ons per harinya karena bisa menyebabkan Anda malah terkena hipertensi.

Baca juga:

  1. Keju

Makanan yang selanjutnya yang bisa Anda konsumsi untuk meringkankan gejala hipotensi atau tekanan darah rendah adalah keju. Kandungan garam di dalam keju ini bisa menaikkan tekanan darah Anda. Anda bisa mengkonsumsi keju bersama salad atau sandwich. (baca: manfaat keju bagi ibu hamil)

Informasi makanan sehat untuk ibu hamil:


  1. Garam

Ketika Anda akan makan sebaiknya tambahlah garam ke dalam makanan Anda. Karena kandungan di dalam garam bisa membuat tekanan darah Anda menjadi normal, namun jangan terlalu banyak konsumsi garam. Sebaiknya konsultasikan ke dokter berapa takaran garam yang boleh Anda konsumsi mengingat Anda masih hamil.  (baca juga: bahaya garam bagi ibu hamil).

Informasi larangan ibu hamil muda:

  1. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang baik untuk kita dan janin yang ada di dalam perut kita. Kandungan yang kaya akan omega-3, protein, zat besi, dan vitamin B-12 nya bisa membuat pertumbuhan sel darah menjadi baik dan tentunya membantu tumbuh kembang otak bayi yang ada di dalam kandungan kita. (baca: manfaat ikan tuna bagi ibu hamil – ikan salmon untuk ibu hamil)

  1. Kerang

Salah satu seafood ini juga baik untuk penderita darah rendah karena kandungan fosfor, zat besi, kalium efektif untuk menambah sel-sel baru dalam darah. Namun beberapa ibu mungkin memiliki alergi terhadap kerang, jika Anda alergi sebaiknya tidak usah mengkonsumsi kerang ya bunda.  (Baca juga: ibu hamil makan kerang, amankah ?)

  1. Daging sapi

Daging sapi merah di ketahui memiliki banyak kandungan zat besi di dalamnya. Daging sapi merah ini baik untuk Anda konsumsi karena zat besi bisa membantu bunda memproduksi sel dalam darah. Namun hindari terlalu banyak makan daging karena bisa menyebabkan penyakit jantung.  (baca:  ibu hamil makan daging panggang – makan steak bagi ibu hamil)

  1. Pisang

Pisang juga bisa menjadi alternatif untuk menjaga tekanan darah karena kandungan asam folat. Jika bunda kekurangan asam folat maka bunda bisa mengalami anemia. Oleh karena itu konsumsi buah pisang disarankan tiap hari. (baca: manfaat konsumsi pisang ambon untuk ibu hamil)

  1. Mangga

Mungkin biasa ibu-ibu hamil suka ngidam mangga muda. Kandungan vitamin C di dalamnya ini bisa membantu bunda dalam penyerapan zat besi sehingga bunda dengan mudah mendapat kontrol tekanan darah yang baik. Selain itu bisa menjadi antioksidan. (baca: manfaat mangga untuk ibu hamil)

  1. Ubi

Ubi juga ternyata mengandung zat besi yang berfungsi untuk membentuk sel-sel darah yang baru dan juga mengaktifkan sel darah merah sehingga bunda tak perlu bingung lagi mengalami tekanan darah rendah. Ibu bisa mengkonsumsi ubi rebus ya. (baca: sayuran yang tidak baik untuk ibu hamil – makanan penghilang rasa mual saat hamil)

Itu dia bunda makanan penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil yang bisa bunda konsumsi ketika mengalami gejala tekanan darah rendah. Bila perlu bunda bisa berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat!

, , ,
Post Date: Monday 02nd, October 2017 / 08:13 Oleh :
Kategori : Nutrisi Ibu Hamil
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular